15 Oktober Hari Apa? Ini Serba-serbi Hari Perempuan Pedesaan Internasional

canalberita.com — 15 Oktober hari apa jadi informasi penting yang tak boleh dilewatkan. Hari ini diperingati sebagai Hari Perempuan Pedesaan Internasional atau International Day of Rural Women.

Peringatan ini tak lepas dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hari Perempuan Pedesaan Internasional ini mulai disepakati pada 2007 lalu.

Lantas 15 Oktober hari apa? bagaimana penetapan Hari Perempuan Pedesaan Internasional? apa tema yang diangkat tahun ini? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Penetapan Hari Perempuan Pedesaan Internasional

Menjawab 15 Oktober hari apa, kita kini tahu bahwa diperingati Hari Perempuan Pedesaan Internasional. PBB menetapkan peringatan ini dalam resolusi 62/136 pada 18 Desember 2007 lalu.

Melansir laman resmi PBB dan resolusi 62/136, gagasan penetapan Hari Perempuan Pedesaan Internasional bermula dari Konferensi Dunia Keempat tentang Perempuan di Beijing, China pada 1995. Saat itu, tanggal 15 Oktober diusulkan sebagai Hari Perempuan Pedesaan Internasional sebagai bagian dari Hari Pangan.

Saat itu, peran perempuan pedesaan disorot lantaran punya kontribusi penting dalam hal produksi pangan dan ketahanan pangan. Sebelum resmi menjadi peringatan PBB, Hari Perempuan Pedesaan sudah dirayakan selama lebih dari satu dekade.

 

Makna Hari Perempuan Pedesaan Internasional

Ditetapkannya Hari Perempuan Pedesaan Internasional menjadi titik pengakuan masyarakat Internasional terhadap peran penting dan kontribusi perempuan pedesaan, termasuk perempuan adat, dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan pedesaan, meningkatkan ketahanan pangan dan memberantas kemiskinan di daerah pedesaan.

Sistem pangan di pedesaan mayoritas berjalan berkat peran perempuan dan anak perempuan disana, mulai dari produksi, pemrosesan, penyiapan, konsumsi, dan distribusi pangan – serta dalam mengamankan nutrisi rumah tangga dan masyarakat.

Meski berperan besar, ketidaksetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam rumah tangga dan masyarakat, norma dan praktik gender yang diskriminatif, kekerasan yang merajalela terhadap perempuan dan anak perempuan, dan bagian mereka yang tidak proporsional dari perawatan dan pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar, menghasilkan akses yang tidak setara terhadap makanan dan meningkatkan kelaparan, gizi buruk, kurang gizi dan kerawanan pangan.

Tema Hari Perempuan Pedesaan Internasional
Kini 15 Oktober hari apa sudah diketahui. Lalu apa tema yang diangkat PBB di Hari Perempuan Pedesaan Internasional 2021?

Melansir laman resmi UN Women, tema tahun ini adalah “Rural Women Cultivating Good Food for All.” atau diartikan Perempuan Pedesaan mengolah makanan yang baik untuk semua.

Penetapan tema ini tak lepas dari perhatian akan dampak pandemi COVID-19 terhadap kriris iklim dan lingkungan, yang memperparah kerawanan pangan di berbagai belahan dunia. Banyak orang harus kehilangan pendapatan dan akses ke perlindungan sosial terbatas.

Sekretaris Jenderal PBB menyerukan untuk mengubah sistem pangan sehingga semua orang memiliki akses ke pola makan sehat yang berkontribusi pada pemulihan alam, mengatasi perubahan iklim dan disesuaikan dengan keadaan lokal. Dengan memastikan bahwa perempuan dan anak perempuan pedesaan berpartisipasi dan mendapat manfaat dari transformasi sistem pangan, kita dapat mencapai dua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), yakni Nol Kelaparan (Tujuan Kedua) dan Kesetaraan Gender (Tujuan Kelima).

Demikian informasi soal 15 Oktober hari apa, mulai dari penetapan Hari Perempuan Pedesaan Internasional, tema hingga makna di balik peringatan PBB ini. Semoga bermanfaat.

detik