Upaya PT BMB Berkontribusi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan dengan Membantu Pembangunan Tempat Ibadah

CANALBERITA.COM-Menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing dalam berbagai bentuknya tidak saja dimaknai sebagai cermin dari kesalehan seseorang, tetapi lebih jauh memiliki dampak kepada kesalehan sosial.

Seseorang yang taat menjalankan ibadah diharapkan mampu menghadirkan dirinya sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya. Bahkan secara kualitatif, keberagamaan yang tinggi akan memberikan dampak positif terhadap kinerja di tempat kerjanya.

Hal inilah menurut Senior Manager Legal dan HRGAU, Haji Rudy Tresna Yudha yang dilakukan oleh PT Berkala Maju Bersama (BMB) dengan memberikan kebebasan kepada karyawannya dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya masing-masing.

Menurut Haji Rudy, ibadah di tempat kerja merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap implementasi aturan sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dalam kebebasan menjalankan kewajiban beragama sesuai dengan agama yang dianutnya masing-masing karyawan.

“Hak menunaikan ibadah adalah hak dasar yang dijamin dalam UUD 1945 Pasal 29 ayat (1) yang menyatakan; Negara Berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa”. Ayat (2) menyatakan; Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing- masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu,” jelas Haji Rudy.

Untuk karyawan beragama Islam, khsusunya dilingkungan perkantoran dan perumahan karyawan PT BMB Manuhing Estate, manajemen perusahaan telah membangun Mushola guna menampung pelaksanaan ibadah seperti shalat Jum’at. Sementara pada hari-hari biasa, pelaksanaan ibadah shalat dilakukan secara bergantian.

Sedangkan untuk karyawan beragama Kristen pada hari Minggu yang kebetulan hari libur kerja di perusahaan juga diberi kebebasan untuk menjalankan ibadahnya di Gereja-gereja terdekat sekitar wilayah kerja perusahaan.

“Demikian juga bagi pemeluk agama lainnya. Jadi pada umumnya perusahaan memiliki mekanisme yang telah diatur sedemikian rupa sehingga antara pelaksanaan ibadah dan sistem kerja perusahaan dapat berjalan secara baik dan teratur,” kata Haji Rudy.

PT BMB memberikan sapi kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 2021. Adapun 1 ekor sapi kurban di serahkan kepada karyawan PT BMB dan warga sekitar melalui Mushola AT – TAQWA. (Foto: Dokumen PT BMB)

Dengan memberikan kebebesan bagi karyawan menjalankan ibadah menurut agama yang dianutnya serta penyedian fasilitas ibadah, Manajemen PT BMB berharap dapat membangun pribadi-pribadi karyawan yang taat beragama sehingga berimbas positif kepada tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan di perusahaan.

“Orang-orang yang taat beragama akan lebih memiliki tanggung jawab dan berpikir bahwa pekerjaan sebagai sarana untuk beribadah,” jelas Haji Rudy seraya mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha 2021 lalu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau CSR PT BMB menyerahkan hewan kurban satu ekor sapi kepada karyawan dan dalam kesempatan sebelumnya, Program CSR PT BMB juga membantu untuk pembangunan tempat ibadah.

“Kami terus berupaya memberikan kontribusi terhadap kehidupan sosial keagamaan dengan membantu pembangunan sarana dan prasarana tempat ibadah melalui program tanggung jawab sosial perusahaan CSR. Tidak saja kepada yang beragama Islam tetapi juga untuk Agama Kristen, Hindu Kaharingan dan agama yang lainnya. Terutama yang berada di wilayah kerja PT BMB,” tukas Haji Rudy.

(red/adv-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.