Target Vaksinasi 70% oleh Pemerintah di Akhir Tahun

canalberita.com – Pemerintah memastikan stok vaksin Covid-19 aman. Saat ini total vaksin yang telah diterima pemerintah Indonesia sebanyak 271 juta atau tepatnya 271.639.790 dosis berbagai merek vaksin, baik dalam bentuk baku (bulk) maupun vaksin jadi.

Dengan ketersediaan vaksin tersebut, pemerintah mengejar target vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2021,” tegas Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kansong dalam keterangan resminya, Jumat (24/9/2021).

Pemerintah, tegas Usman, juga akan terus memastikan stok vaksin Covid-19. Upaya ini dilakukan dengan melakukan upaya diplomasi antar negara serta kerjasama yang bersifat bilateral dan multilateral.

Dalam upaya menyediakan vaksin bagi rakyat Indonesia, pemerintah mengoptimalkan diplomasi antarnegara, dengan kerja sama yang bersifat bilateral dan multilateral. Ini merupakan salah satu wujud keberhasilan upaya diplomasi pemerintah Indonesia, yang akan terus ditingkatkan dan dioptimalkan,” tegasnya.

Selain itu, Usman menegaskan meski penularan sudah turun, program vaksinasi tidak boleh dikendorkan.

Upaya mengendalikan pandemi dan membangun kekebalan komunitas harus terus kita percepat. Karena itu, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat,” tegasnya.

Pemerintah, kata Usman juga mendorong unsur-unsur di daerah, terutama yang capaian vaksinasinya masih rendah, untuk melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi.

Seiring upaya percepatan vaksinasi, masyarakat harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker, sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru dalam hidup berdampingan dengan Covid-19,” paparnya.

(sumber: okezone.com)