Rusia Buka Kasus Pidana Baru terhadap Alexei Navalny

canalberita.com — Rusia pada Selasa (28/9) membuka kasus pidana baru terhadap kritikus Kremlin, Alexei Navalny. Hal itu memungkinkan pihak berwenang untuk memperpanjang hukuman Navalny menjadi satu dekade lagi di penjara.

Rincian kasus baru tersebut dipublikasikan di situs Komite Investigasi Rusia, yang menyelidiki kejahatan besar. Kasus baru itu menyebut Navalny sebagai pendiri dan memimpin kelompok ekstremis. Kejahatan semacam itu terancam hukuman penjara hingga satu dekade.

Pernyataan dalam rincian kasus itu mengatakan, beberapa sekutu utama Navalny menjadi tersangka dalam kasus yang sama. Sementara rekan-rekan lainnya diduga mengambil bagian dalam aktivitas ekstremis kelompok tersebut. Pernyataan tersebut menandai kegiatan Navalny dan sekutunya dalam beberapa tahun terakhir sebagai tindakan kriminal.

“Aktivitas ilegal kelompok ekstremis ditujukan untuk mendiskreditkan otoritas negara dan kebijakan mereka, mengacaukan situasi di daerah, menciptakan suasana protes di antara penduduk dan mencoba membentuk opini di antara publik tentang perlunya perubahan kekuasaan yang kejam, (dan) mengorganisir dan mengadakan aksi protes yang meningkat menjadi kerusuhan massal,” kata pernyataan Komite Investigasi Rusia.

Rusia menuduh sekutu Navalny, yang sebagian besar berada di luar negeri,  melanjutkan dugaan kegiatan ilegal setelah kelompok mereka dilarang. Lyubov Sobol, seorang sekutu Angkatan Laut yang disebutkan dalam pernyataan itu, mengatakan, tuduhan terhadap dirinya dan yang lainnya tampak tidak masuk akal.

“Kejahatan rekan-rekan saya: ikut serta dalam pemilihan umum, menyelidiki korupsi pejabat tinggi dan menghadiri protes damai dan menulis di Twitter,” ujar Sobol dengan sinis.

Sobol mengatakan, kasus baru itu menunjukkan bahwa Presiden Vladimir Putin takut pada Navalny. Namun, tuduhan itu telah dibantah oleh Kremlin.

Navalny sudah menjalani hukuman dua setengah tahun penjara karena pelanggaran pembebasan bersyarat. Navalny menilai tuduhan tersebut sengaja dibuat untuk menggagalkan ambisi politiknya.

Beberapa rumah sekutu Navalny digerebek, dan kebebasan bergerak mereka dibatasi. Mereka melarikan diri ke luar negeri setelah pengadilan memutuskan kegiatan mereka termasuk sebagai ekstremis, dan dirancang untuk menimbulkan kerusuhan sosial.

Sejak itu, Kremlin dan para loyalisnya mengatakan, dalam beberapa kasus mereka akan mengintensifkan pendekatan keras terhadap kritik. Hal itu termasuk organisasi internal dan eksternal yang dipandang sebagai ancaman terhadap stabilitas Rusia.

 

Republika