Plt Kadis Kominfosantik Kalteng Ajak Masyarakat Jaga Etika dan Cerdas Bermedia Sosial

CANALBERITA.COM-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah (kalteng) menggelar Orientasi Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial bertempat di Hotel Neo Palma, Palangka Raya, Selasa (14/09/2021) pagi.

Kegiatan ini bertujuan, khususnya wartawan dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat sebuah berita informasi yang kognitif maupun teknikal.

Dalam kesempatan tersebut, PWI Kalteng menghadirkan dua orang narasumber,  yaitu Plt Kadis Kominfosantik Kalteng, Agus Siswadi dan Pakar/Praktisi Teknologi Informatika, Herkules.

Agus Siswadi mengatakan, era digital mengubah cara orang menerima informasi, informasi lebih sering diterima melalui media sosial. Media sosial atau bisa juga disebut sosial media adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain.

“Para pengguna bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu,” jelas mantan Penyiar Radio tahun 90an ini.

Menurut Agus yang juga mantan pembaca berita di TVRI ini, pengaruh media sosial dalam masyarakat diantaranya dapat mengubah cara “berkomunikasi” dalam masyarakat, media sosial sebagai jaringan ilmu pengetahuan dan media sosial juga miliki dampak positif juga negatif.

Dalam menyikapi media sosial secara bijak, Agus Siswadi mengajak untuk menjaga etika. Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika.

“Selalu menjaga etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita, serta hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA,” imbau Agus Siswadi.

Selain itu, lanjutnya, cara menyikapi penggunaan media sosial secara bijak yakni selalu waspada dan jangan langsung percaya, tidak perlu detail mencantumkan informasi serta jangan asal posting konten.

Sementara Ketua PWI Kalteng, M Haris Sadikin menerangkan, kegiatan tersebut adalah untuk menambah wawasan dalam menyikapi perkembangan dunia digital sekarang ini, terlebih maraknya media online sekarang.

“Harapan kegiatan ini membawa dampak positif bagi kita bersama-sama untuk belajar, agar kita bisa menyajikan berita yang aktual dan kongkrit sehingga tidak bermasalah dikemudian harinya. Karena kita tahu sekarang ini banyak berita-berita bohong dimedia sosial dan ini menjadi kontrol kita sebagai jurnalis,” tuturnya.

(cnb-1)