Penjara Nigeria Diserang, 240 Napi Kabur

canalberita.com — Orang-orang bersenjata berat menyerbu satu penjara di Nigeria tengah dan membebaskan 240 narapidana dari penjara. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (13/9/2021), para penyerang memulai baku tembak dengan penjaga pada Minggu malam di penjara keamanan menengah di Kabba di negara bagian Kogi, barat daya ibu kota federal Abuja.

“Pusat penahanan keamanan menengah di Kabba, negara bagian Kogi, telah diserang oleh orang-orang bersenjata yang belum diidentifikasi dan 240 narapidana dibebaskan secara paksa,” kata juru bicara juru bicara Layanan Pemasyarakatan, Francis Enobore.

Enobore tidak memberikan rincian tentang para korban. Tidak jelas siapa orang-orang bersenjata itu, tetapi Nigeria tengah dan barat laut telah diteror oleh geng-geng kriminal selama bertahun-tahun.

Haliru Nababa, pengendali umum Layanan Pemasyarakatan Nigeria, mengambil alih penyelidikan atas serangan itu dan memerintahkan semua narapidana untuk ditangkap kembali.

“Dia mengimbau masyarakat umum untuk memberikan intelijen yang berguna yang akan membantu menangkap kembali para pelarian ke petugas keamanan,” kata Enobore.

Menurut pihak rutan, sebanyak 294 narapidana ditahan pada saat itu yakni 224 tahanan pra-persidangan dan 70 terpidana. Penjara ini didirikan pada tahun 2008 dengan kapasitas 200 narapidana.

Tersangka dapat menghabiskan bertahun-tahun dalam penahanan pra-sidang di Nigeria. Kelompok hak asasi manusia mengatakan penjara sering penuh sesak dan prosedur hukum tidak efisien.

Peyerbuan penjara besar tidak jarang terjadi di Nigeria. Dalam serangan nekat pada tanggal 5 April, milisi bersenjata menyerbu markas polisi Owerri, membebaskan lebih dari 1.800 narapidana.

 

 

Berita Satu

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.