Pantau Banjir di Ruas Jalan Bukit Rawi, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Turun Lapangan

CANALBERITA.COM– Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo didampingi Kadis PUPR Shalahuddin dan pihak Balai Jalan Nasional memantau kondisi banjir yang menjadi langganan di wilayah Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (06/09/2021) siang.

Gubernur juga mengitari sepanjang jalur jalan yang tergenang banjir sembari mendengarkan aspirasi dari warga masyarakat baik yang lewat dan dilokasi.

Kegiatan itu usai melakukan penyaluran bantuan sosial berupa sembako dan multi bitamin serta tim medis Pemprov Kalteng ke wilayah Kotim, Katingan dan sejumlah daerah lainya.

“Tadi penyaluran bansos ke lokasi banjir, ada belasan truk yang dibawa untuk membantu warga terdampak di beberapa daerah, salah satunya di wilayah Katingan, Kotim dan Seruyan. Ini bertahap, sembari juga memantau kondisi pasca banjir. Kami lanjut mengecek kondisi banjir di Bukit Rawi, dimana kami mengecek jalan yang rusak dan banjir. Untuk jembatan layang terus dikerjakan oleh pihak Kementrian PUPR. Mudah mudahan ahir tahun rampung, dan bisa dilalalui tahun depan, termasuk antisipasi jalan apabila banjir seperti ini,” ucap Sugianto.

Dikatakan Gubernur, pihaknya juga berterimakasih kepada Presiden dan Mentri PU dalam membantu Kalteng membangun jembatan layang sehingga dapat terlayani masyarakat, terutama memberikan kenyamanan nantinya saat situasi banjir.

“Kadis PUPR Provinsi terus berkoordinasi dengan pihak Balai dalam monitoring pengerjaan sampai selesai awal tahun depan. Ini salah satu upaya pemerintah Provinsi dalam koordinasi dengan pemerintah pusat, yang diamini oleh pusat. Kami berterimakasih dengan pa Presiden dan Mentri PU, jembatan layang yang dibangun sebentar lagi selesai,” jelas Sugianto.

Sementara itu, Kadis PUPR Shalahuddin, menyampikan selain upaya monitoring, pihaknya juga menyiapkan alat berat dan koordinasi dengan instansi terkait dibantu pihak balai, untuk antisipasi potensi kemacetan dan kecelakaan di jalur banjir agar dapat membantu warga saat melintas.

“Alat berat sudah siaga. Kami terus koordinasi dengan pihak balai dalam upaya monitoring dan percepatan pembangunan jembatan layang di Bukit Rawi,” jelasnya.

Gubernur bersama Kadis PUPR dan pihak balai melakukan diskusi internal dibawah tiang jembatan layang untuk koordinasi progres pembangunan yang mengalami peningkatan baik.

(redCNB)