Nunjang Pembelajaran Secara Daring, 2022 Kalteg Ditarget Bebas Blank Spot

CANALBERITA.COM – Di tengah perkembangan zaman digitalisasi masyarakat dituntut melek, namun nyatanya masih banyak di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) belum tersentuh jaringan internet atau disebut blank spot.

Khususnya di daerah pedalam di 13 kabupaten/kota. Hal ini pun disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi ketika di wawancara, Selasa 14 September 2021.

Menurut Agus, untuk di Kalimantan Tengah terdapat kurang lebih 400  wilayah blank spot atau tidak tersentuh oleh sinyal telekomunikasi.

“Kurang lebih 400 masuk blank spot. Paling banyak di Kabupaten Murung Raya, untuk kendalanya adalah faktor geografis,” sebutnya.

Mantan Pengiar Radio ini menambahkan, sekarang ini Kabupaten Seruyan mendapat 20 pemasangan jaringan dan nantinya akan merambah ke Barito Selatan dan kabupatenlainnya.

“Sekarang kita fokuskan di wilayah food estate, khususnya food estate singkong di Kabupaten Gunung Mas. Tetapi untuk bebas blank spot kita targetkan pada 2022 November mendatang,” jelasnya.

Sesuai instruksi Presiden RI Ir Joko Widodo, tahun 2022 disejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kalimantan Tengah harus bebas dari blank spot karena untuk menunjang pembelajaran secara daring.

“Kita belum bisa memastikan Covid-19 kapan berakhirnya, makanya kita akan menggenjot pemasangan saluran telekominikasi,” tutupnya.

(cnb-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.