Masyarakat Fajar Harapan: Kehadiran PT BMB Membawa Dampak Bagi Kehidupan Masyarakat yang Lebih Baik

CANALBERITA.COM-Masyarakat Desa Fajar Harapan, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas sudah merasakan manfaat dari kehadiran perkebunan besar swasta (PBS) kelapa sawit PT Berkala Maju Bersama (BMB).

Kelapa Desa Fajar Harapan, Wahidin mengatakan, dampak dari kehadiran PT BMB sangat dirasakan masyarakat diantaranya dalam bentuk berbagai bantuan pemberdayaan melalui tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR).

Bantuan pemberdayaan itu diantaranya kemitraan antara perusahaan perkebunan dengan petani kelapa sawit, pembangunan dan perbaikan ruas jalan akses dari jalan negara menuju desa-desa dusun sekitar perusahaan.

DISKUSI: Tim Redaksi Canalberita.Com berdiskusi tetang banyak hal bersama perangkat Desa Fajar Harapan, Kecamatan manuhing, Kabupaten Gunung Mas , bertempat di Kantor Desa Fajar Harapan. (Foto: Akhiruddin/canalaberita.com)

“Dulu sebelum ada PT BMB, kalau mau masuk ke desa ataupun keluar desa sangat susah payah jalannya. Sekarang sejak tahun 2012, alhamdulillah kita bisa melihat perkembangan akses jalan,” kata Wahidin di dampingi sejumlah perangkat desa.

Lebih lanjut ia mengatakan, kondisi jalan desa sekarang ini berangsur baik walapun masih berupa tanah timbunan akases jalan tetap lancar karena selalau mendapat perawatan.

“Sama-sama kita merawat. Apalagi setelah ada dana desa, sementara dari PT BMB kita pijam alatnya. Kita saling bahu membahu menjaga dan memelihara akses jalan agar arus transportasi berjalan dengan lancar,” ucapnya.

(red/adv-3)