Lodewijk Paulus Resmi Jadi Wakil Ketua DPR

canalberita.com — Rapat paripurna DPR akhirnya mengesahkan secara resmi dan melantik Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR yang baru menggantikan Azis Syamsudin.

Pelantikan itu dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani, Kamis (30/9/2021).

Sebelum pelantikan, Puan membacakan kronologis pengunduran diri dan usulan pergantian Azis Syamsudin sebagai wakil Ketua DPR. Partai Golkar lalu menyerahkan nama Lodewijk Paulus sebagai pengganti, sesuai pasal 47 Peraturan DPR tentang Tatib.

“Apakah Haji Lodewijk F Paulus nomor anggota A 281, dapat ditetapkan sebagai wakil ketua DPR RI, apakah dapat disetujui?” tanya Puan Maharani kepada para peserta sidang paripurna.

“Setuju,” terdengar jawaban senada dari seluruh anggota DPR yang menjadi peserta paripurna.

Puan lalu mengetuk palu sidang tanda keputusan sah sudah diambil.

Selanjutnya, sesuai ketentuan Tatib, maka Lodewijk diminta maju ke mimbar paripurna untuk pengambilan sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung RI Syarifuddin. Sebelum pembacaan sumpah, petugas protokoler dari Setjen DPR membacakan isi surat keputusan pemberhentian Azis Syamsudin sebagai Wakil ketua DPR, dan mengangkat Lodewijk sebagai penggantinya.

Usai disumpah dan menandatangani Berita Acara Sumpah, Lodewijk lalu mendapat ucapan selamat dari pimpinan DPR dan pimpinan MA yang hadir. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

 

Berita Satu