Lewati Derasnya Banjir, Bupati Katingan Bantu Evakuasi Warga

canalberita.com — Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Katingan Christian Rain serta rombongan melakukan pengecekan jalan Provinsi Trans Kalimantan yang berada di Km 1 Kasongan – Kereng Pangi, pada Selasa 7 September 2021.

Tempat yang ditinjau ini salah satu lokasi yang terendam banjir yang cukup parah karena debit airnya sangat deras. Sehingga pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak TNI/Polri untuk menutup sementara jalur lalu lintas ini untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan saat pengendara jalan melawati jalur tersebut.

Saat di lokasi, Bupati Sakariyas bersama rombongan juga membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir dengan menggunakan tali tambang. Ini dilakukan agar tidak terseret derasnya arus air di lokasi ini.

Sakariyas mengatakan, di jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan-Kereng Pangi ini tidak hanya terjadi di satu titik saja melainkan masih banyak titik jalan yang tergenang lagi seperti di Km 15 di kawasan Desa Telangkah jalan Kota Kasongan-Kereng Pangi.

“Di lokasi ini adalah titik jalan yang terparah. Pasalnya, ada gorong-gorong jembatan yang masih dalam pengerjaannya. Akibat di terjang derasnya debit air, gorong-gorong hampir ambruk. Ketinggian air pun sudah setengah pinggang orang dewasa,” jelas Sakariyas, Selasa 7 September 2021.

Kemudian di titik sejumlah jalan di Kota Kasongan juga terendam, seperti di jalan arah Pendahara Lama menuju kawasan kantor Pemerintahan Kabupaten Katingan. Untuk mengatasi kemacetan di jalan yang masih bisa dilalui, pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Katingan bersama Polri/TNI dan warga memasang patok dan tali pengaman di sepanjang jalan.

Sakariyas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang bepergian dari Kota Palangka Raya ke Kota Sampit maupun dari Sampit ke Palangka Raya agar untuk saat ini diurungkan niatnya.

“Karena memang keadaannya seperti ini, kita lihat saja arus debit airnya sangat deras. Sehingga kita kepada pengendara diminta jangan dulu, apalagi mengunakan kendaraan motor. Kita harapkan juga kepada petugas apabila ada warga yang ingin dievakuasi, maka segera dibantu Secepatnya,” pungkasnya.

Sementara, di jalan Kereng Pangi- Kota Kasongan untuk pengamanan lalu lintas dilakukan oleh pihak TNI/Polri. Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo bersama anggota juga langsung ke lokasi gorong-gorong jembatan yang rusak tersebut.

Sampai saat ini sejumlah kendaraan dari luar Kota Kasongan menunggu antrian di sepanjangan jalan sambil menunggu debit air sungai kembali surut.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.