Kades Fajar Harapan: Tanpa Diminta BMB Turun Langsung Perbaiki Jalan

CANALBERITA.COM-Kepala Desa Fajar Harapan, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Wahidin mengatakan, masyarakat telah merasakan betul manfaat dari kehadiran perkebunan besar swasta (PBS) kelapa sawit PT Berkala Maju Bersama (BMB) di wilayah tersebut.

Menurut Wahidin, kehadiran PT BMB telah memberikan nilai tambah yang tinggi di sektor perekonomian bagi petani kelapa sawit sekitar.

Tak hanya itu, tambahnya, kehadiran PT BMB telah menciptakan lapangan kerja yang berperan besar dalam penurunan tingkat pengangguran di wilayah sekitar perkebunan.

“Sebelum ada PBS kita disi bekerja serabutan. Ada yang meninggalka desa hanya untuk mencari pekerjaan, tapi kini banyak yang kembali kedesa baik sebagai tenaga kerja di perusahan ada juga yang mengelola lahannya bertanam kelapa sawit,” ucapnya.

Terkait harga penjualan kelapa sawit, diakui Wahidin saat ini hanya PT BMB yang membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit diatas rata-rata harga pasar di Kabupaten Gunung Mas.

“Saat ini mungkin BMB yang paling tinggi membeli TBS kelapa sawit dari masyarakat. Jadi kami sangat terbantu terkait penjualan TBS sawitnya,” tukasnya.

Terkait akses jalan, dengan kehadiran PT BMB menurut dia sangat membantu. Bahkan PT BMB tanpa diminta untuk melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak, langsung turun melakukan perbaikan.

“Ini adlah satu kepedulian PT BMB dengan kami disini. Apalagi kami disini merupakan salah satu desa binaan dari PT BMB, tidak hanya dalam hal peningkatan ekonomi tetapi juga pembinaan prestasi olahraga,” jelasnya.

Kendati demikian diakuinya, sejak berganti Manajemen yang melakukan pembinaan kepadaa masyarakat, prestasi bidang olahraga mulai menurun.

“Setelah Pak Jajang, olahraga di BMB sudah menurun. Dulu desa kami sempat meraih juara dua se Kecamatan Manuhing, sekarang sudah meredup,” tukasnya.

(red/adv-4)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.