Joe Biden Umumkan Pakta Kerja Sama Pertahanan Indo-Pasifik

canalberita.com — Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan pakta kerja sama dan aliansi keamanan wilayah Indo-Pasifik yang beranggotakan tiga negara yakni AS, Inggris, dan Australia. Pakta pertahanan ini dinilai dapat memperlebar jurang bilateral antara AS dan China.

“Kita semua menyadari pentingnya memastikan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik dalam jangka panjang,” kata Biden.

Tiga negara anggota tersebut setuju untuk berbagi informasi terkait dunia siber, teknologi kecerdasan buatan (AI), dan kemampuan pertahanan di bawah permukaan laut.

Aliansi pertahanan yang dinamakan AUKUS ini disebut sebagai langkah provokatif oleh pemerintah China yang telah berulang kali mengecam Biden ketika ia berusaha untuk memfokuskan kembali kebijakan luar negeri AS di Pasifik sejak awal masa kepresidenannya.

Namun pejabat senior AS yang enggan disebutkan namanya mengatakan pakta pertahanan itu bukan untuk membendung pengaruh China melainkan kerjasama mempertahankan stabilitas keamanan di wilayah Indo-Pasifik secara umum.

 

TV One

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.