Jalan Bukit Rawi Ditutup Sementara, Permukaan Air Genangi Jalan Terus Naik

CANALBERITA.COM –Ruas Jalan Palangka Raya-Bukit Rawi ditutup. Pasalnya, luapan air dari Das Kahayan yang menggenangi ruas jalan yang menghubungkan Kota Palangka Raya, Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah dengan sejumlah wilayah kabupaten tersebut terus bertambah tinggi.

Terlebih ruas jalan tersebutbanyak terdapat lobang yang cukup besar akibat tergerus akibat terendam sudah berlangsung hampir dua pekan ini. Sehingga tidak sedikit kendaraan jenis minibus dan kendaraan jenis truk mengalami mogok atau terbalik di tengah genangan air sehingga  membuat kemacetan panjang.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih bisa melintas menggunakan jasa perahu penyeberangan yang dibuat secara darurat oleh masyarakat sekitar.

Tahapan Pilkada 2024

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono SIK melalui Kasat Lantas AKP Waryono mengatakan, setiap hari permukaan air di jalan Bukit Rawi-Palangka Raya mengalami kenaikan sehingga tidak memungkinkan kendaraan roda empat  bisa melintas lagi.

“Kita lakukan jadwal penutupan di lokasi tersebut, yaitu dari pukul 18.00 WIB-06.00 WIB. Seterusnya kita lakukan buka tutup untuk menghindari kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan,” ucapnya melalui pesan singkat Whatsapp, Senin 13 September 2021.

Waryono menjelaskan, penutupan dilakukan pada malam hari karena jalan tidak memungkinkan, terus apabila dipaksakan meneroboh air masuk kedalam mobil, terlebih lagi jalan banyak yang rusak serta penerangan kurang.

“Ini kita lakukan untuk keselamatan pengendara juga personil kami di lapangan, kita tahu lokasi tersebut sangat minim penerangan. Sekarang kita hanya berharap air segara surut dan bencana banjir bisa berlalu,” tutupnya.

(cnb-1)