Gubernur Kalteng Minta Petugas Sigap Bantu Masyarakat Korban Banjir

canalberita.com — Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, meminta semua petugas sigap membantu masyarakat saat banjir maupun setelah banjir di berbagai daerah di provinsi setempat.

Seperti tenaga kesehatan, agar bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada seluruh masyarakat korban banjir, termasuk di wilayah pelosok. Jangan sampai pelayanan terlambat dan mengakibatkan masyarakat kesulitan.

“Baik tenaga kesehatan maupun petugas lainnya harus sigap. Harus mampu bertindak cepat dan tanggap,” kata Sugianto dilansir dari Antara, Senin 13 September 2021.

Apabila ada yang memerlukan penanganan lebih lanjut, kata Sugianto, maka bisa segera dibantu dan fasilitasi untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai. Hal ini juga diminta menjadi perhatian khusus dari masing-masing pemerintah kabupaten dan kota. Sebab saat banjir maupun setelah banjir nantinya, tentu berbagai penyakit dikhawatirkan rawan terjadi, maka diperlukan penanganan yang optimal di lapangan.

“Kami, Pemerintah Provinsi tentu akan mendukung penanganan di lapangan agar bisa dilakukan secara maksimal,” ujarnya.

Kemudian para petugas lainnya termasuk aparat dari TNI maupun Polri, juga diharapkan saling berkolaborasi dan bersinergi, memberikan pelayanan serta membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Seperti halnya penyaluran paket bantuan sembako, juga diminta dilakukan secara langsung atau dari rumah ke rumah agar benar-benar dipastikan sampai dan semua masyarakat mendapatkannya.

Pengawasan dari seluruh elemen masyarakat juga diperlukan, agar bersama-sama mengawal pelaksanaan di lapangan untuk mencegah terjadinya penyimpangan oleh oknum tidak bertanggang jawab.

“Semua bantuan harus disalurkan ke tingkat bawah dengan baik, jangan sampai terjadi penumpukan,” kata Sugianto Sabran.

Sugianto Sabran fokus dalam penanganan banjir di berbagai daerah di Kalteng, salah satunya dengan memastikan penyaluran bantuan benar-benar lancar dan sampai kepada masyarakat.

Dalam beberapa hari terakhir ia juga secara berkelanjutan meninjau berbagai daerah terdampak banjir, di antaranya di wilayah Kotawaringin Timur hingga berbagai desa di Katingan.

 

Tahapan Pilkada 2024

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.