Faridawaty: Kalteng Memiliki Sejarah dan Budaya Yang Harus Terus Dilestarikan

canalberita.com — Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Faridawaty Darland Atjeh, berkesempatan menjadi pemateri dalam Kegiatan belajar bersama yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Museum Balanga Kalteng, Rabu, 22 September 2021.

Faridawaty mengatakan berkenaan dengan apa yang ada di Museum Balanga Kalteng, tidak mengetahui secara detail. Namun, apabila berbicara masalah museum secara umum, tentunya ada beberapa hal yang bisa dibagikan.

Museum tidak semata untuk menyimpan barang-barang dengan nilai sejarah semata. Ada manfaat lain, lanjut Faridawaty keberadaan museum bisa bermanfaat bagi siapa saja yang mengunjungi.

Museum Balanga Kalteng, tidak saja menyimpan benda pusaka, tapi ada pula benda-benda dengan nilai sejarah tinggi.

“Sejarah inilah yang menjadi pengetahuan penting bagi para anak didik sekalian. Para siswa penting untuk dapat belajar sejarah yang ada di Kalteng. Tidak saja masalah sejarah, Kalteng kaya akan adat istiadat dan budaya. Ini juga perlu untuk diketahui dan dipahami, sehingga mampu untuk terus dilestarikan,” kata Srikandi Partai NasDem itu.

Faridawaty mengajak para generasi muda sekarang ini, terkhusus pelajar untuk dapat bersama memelihara khasanah budaya yang ada di Kalteng. Pelajar diajak pula untuk melindungi cagar budaya yang dimiliki Kalteng.

Kesempatan itu juga Faridawaty, penyampaian materi yang dilakukan, dibarengi dengan pemberian kuis menarik. Ada dua siswa yang menjadi pemenang, dengan hadiah tiket pulang pergi Palangka Raya-Jakarta.

“Tiket ini bukan untuk hiburan semata, tapi juga untuk belajar. Sebab, kedua siswa yang menang akan dibawa untuk mengunjungi museum nasional yang ada di Jakarta,” pungkasnya.

 

 

Disclaimer Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.