Dovizioso Bakal Kesulitan Adaptasi dengan Motor YZR-M1

canalberita.com – Pembalap pengembang Yamaha, Cal Cruthlow menyambut baik kabar bergabungnya Andrea Dovizioso ke tim Petronas Yamaha SRT. Meski senang, ada juga kekhawatiran yang dirasakan Cruthclow terhadap Dovizioso, yang diprediksinya justru bakal kesulitan beradaptasi dengan motor YZR-M1 milik Yamaha.

Crutchlow memprediksi Dovizioso tidak akan langsung bisa nyetel dengan motor Yamaha karena ia merasa pembalap asal Italia itu sudah terlalu lama mengendarai kuda besi milik Ducati, yakni Desmosedici. Tentunya Crutchlow merasa ada perbedaan karakter dari motor Yamaha dan Ducati.

Perbedaan karakter motor itulah yang pada akhrinya membuat Dovizioso bakal kesulitan menguasai motor Yamaha. Crutchlow sadar motor Ducati memiliki kekuatan di lintasan lurus, sesuatu yang mungkin belum bisa dikejar Yamaha.

Dengan adanya perbedaan itu, Crutchlow yakin Dovizioso nantinya akan sedikit kaget. Jadi, rider asal Inggris itu merasa Dovizioso akan menjalani debut keduanya di Yamaha dengan jalan yang tidak mudah.

Keuntungan yang dimilikinya karena sudah lama mengendarai Ducati tidak akan terlalu berguna di sini (di Yamaha). Jadi, saya rasa tidak akan mudah baginya (untuk bisal langsung beradaptasi dengan motor Yamaha). Saya cukup yakin akan hal itu,” terang Crutchlow, dikutip dari Autosport, Selasa (7/9/2021).

Menurut saya akan ada banyak perbedaan yang akan dirasakannya (antara motor Ducati dan Yamaha). Dia sudah terbiasa mengendarai motor yang memiliki banyak tenaga di lintasan lurus,” tambahnya.

Kendati meras merasa khawatir, Cruchlow pun sebenarnya cukup percaya diri akan kemampuan yang dimiliki Dovizioso. Jadi, Crutchlow juga yakin Dovizioso bisa belajar dengan cepat hingga akhirnya bisa menaklukkan motor pabrikan asal Jepang tersebut.

Andrea Dovizioso (foto: twitter/AndreaDovizioso)

Dia adalah pembalap yang hebat, dia orang yang sangat hebat dan menurut saya dia akan melakukan semua ini dengan sangat baik. Saya harap dia melakukannya dengan baik, tentu saja, dan hal baiknya adalah beberapa tes pada tahun depan yang akan saya jalani, dia akan melakukannya, kami bekerja dengan cara yang sama,” tambah rider berusia 35 tahun tersebut.

Untuk yang belum tahu, Dovizioso sudah menganggur sejak awal MotoGP 2021 usai berpisah dengan Ducati di akhir musim 2020. Sempat menjadi test rider Aprilia Gresini, Dovizioso pada akhirnya direkrut Yamaha untuk tampil di Tim satelit mereka.

Dovizioso bisa gabung Petronas Yamaha SRT karena Franco Morbidelli naik ke tim pabrikan Yamaha. Dovizioso pun bisa memulai aksinya mengendarai YZR-M1 pada balapan MotoGP San Marino 2021 yang berlangsung pada Minggu 19 September 2021.

(sumber: okezone.com)