Diterjang Banjir Jalan di KM 15 Kasongan – Kereng Pangi, Akibatkan Antrean Panjang

canalberita.com — Jalan Trans Kalimantan tepatnya di jalan Kota Kasongan menuju Kereng Pangi-Kota Sampit hampir lumpuh karena derasnya arus air yang merendam kawasan jalan tersebut. Khususnya di KM 15 Desa Telangkah tersebut hampir terputus.

Pasalnya, derasnya debit air yang mengalir. Selain itu dilokasi ini ada jembatan atau box culvert dalam pengerjaan masih belum selesai dan hampir ambruk akibat diterjang banjir. Akhirnya para pengendara roda dua maupun empat saat melintasi jalan ini terhambat.

Bahkan dari informasi yang dihimpun beritasampit.co.id ruas jalan Tjilik Riwut KM 14 juga ikut terendam. Akibatnya antrian panjang tak dapat dihindari. Berdasarkan pengkuan salah satu Warga Selvia (24) antrean panjang ini sudah terjadi dari tadi malam dan puncaknya pagi ini.

Tahapan Pilkada 2024

“Saya dari jalan Gembala menuju pelabuhan KM 14,5 terpaksa jalan kaki, lantaran antrian kendaraan roda duan dan empat semakin panjang,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan banjir tahun ini terparah hingga ruas jalan juga ikut terendam. “Kalo rumah jangan tanya lagi, sudah banyak terendam. Rumah keluarga saya saja di daerah pelabuhan yang dulunya tidak pernah terendam tahun ini air masuk rumah,” katanya.

Sebelumnya, Senin 06 September 2021 malam, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo bersama personilnya turun langsung melakukan pengamanan di Lokasi Km 15 Kasongan- Kereng Pangi.

“Dimana di lokasi ini ada terdapat pengerjaan jembatan yang memang belum selesai, dan saat ini kondisi debit air banjir cukup deras sehingga ini akan menghambat perjalan para pengendara yang akan melintas. Jadi saya sosialisasikan,” terang Sonny dari video beredar saat di lokasi kejadian, Senin 6 September 2021.

Dengan demikian, Sonny memberikan saran dan imbauan kepada seluruh pengendara yang melintas atau di lokasi tersebut agar malam ini diurungkan niatnya.

“Kepada pengendara baik itu dari Kota Kasongan maupun dari arah Kota Sampit agar sementara waktu malam ini diurungkan niatnya. Hal ini dilakukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sekali lagi saya mohon untuk sementara waktu bagi para pengendara yang melintasi jalan tersebut malam ini agar diurungkan niatnya. Terimakasih,” pungkasnya.

Berikut titik ruas jalan yang teremdam banjir di area Kasongan – Kereng Pangi :

1. Ada genangan air di jembatan sala dan sdh lewat dari garis tengah jalan
2. Genangan air depan bakso Arema dan Bank BPK Kalteng
3. Genangan air di depan kantor KNPI
4. Genangan air di depan gereja Katholik
4. Jalan bukit raya sebaiknya tidak dilewati roda 2
5. Jalan Cendana juga dalam dan banyak lubang
6. Jalan Panjaitan arah perumahan Haing jaya permai 2 air juga dalam dan berarus
7. Untuk Km 1 Tjilik Riwut arah kereng pangi sampit air dalam dan berarus deras. Roda 2 harus dinaikan pickup.

Jalan-jalan terisolir karen banjir di kasongan : Jalan Pahlawan, Kelud, Bukit Raya Ujung, kampung Banjar, Jalan Merapi, Pasar Hurung, Pinggir sungai daerah pata.

 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.