Waspada! 895 Gram Narkotika Siap Edar, Bandar Targetkan Pelajar Berhasil Digagalkan dan Dimusnahkan BNNP

canalberita.com – Sedikitnya 895 gram barang bukti (Barbuk) narkotika jenis sabu dan ganja di musnahkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah pada Kamis, 5 Agustus 2021 sekitar pukul 09.00 WIB.

Barang haram yang dimusnahkan tersebut masing-masing sabu seberat 678 gram  dan ganja seberat 217 gram, dengan nilai kurang lebih Rp 1,5 miliar dari kasus di Kapuas, Kabupaten Kapuas dan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pemusnahan Barbuk  narkotika tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan dan dihadiri oleh Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Bea Cukai.

Kepala BNNP Kalteng mengugkapkan, barbuk sabu-sabu dan ganja yang dimusnahkan tersebut berasal dari hasil pengungkapan tiga jaringan  di wilayah Kalimantan Tengah dengan lima tersangka.

“Barbuk yang dimusnahkan yaitu 678 gram sabu-sabu dan ganja sebanyak 217 gram, yaitu berasal dari tangkapan Sampit dan Kapuas,” ucap Roy membacakan sambutan di Lobi BNNP Kalteng.

Lebih lanjut ia mengungkapkan,  peredaran barang haram yang diamankan tersebut, ada dikendalikan dari dalam Lapas di Kalimantan Tengah.

Untuk itu ia berharap semua phak, baik dari kepolisian, BNNP, Bea Cukai, Kemenkumham, Kejaksaan dan BPOM berkomitmen untuk bersama-sama memberantas peredaran narkotika.

“Modus operandi pelaku yaitu menggunakan jasa pengiriman. Barang bukti sabu-sabu berasal dari Aceh dan Kaltim, sedangkan ganja yang akan diedarkan di Sampit berasal dari Sukabumi,” tukasnya.

Kepala BNNP Kalteng ini menjelaskan, oleh pelaku rencananya barang itu akan jual ke buruh dan ada juga ke pelajar atau mahasiswa. Namun keburu digagalkan oleh anggota lapangan.

“Yang kita amankan ini hanya sebagian kecil saja. Tapi setidaknya berapa ribu orang yang sudah kita selamatkan dari narkoba,” ucapnya.

“Kita terus berupaya untuk melakukan penindakan atau pencegahan barang haram ini beredar di Kalimantan Tengah. Semua harus saling bersinergi dan mendukung dalam upaya itu,” timpalnya.

(cb-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.