Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid 19

canalberita.com — Hingga kini, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Khusus di Indonesia, angka harian kasus positif Covid-19 masih tinggi. Sebagai ikhtiar, menjaga kesehatan adalah satu diantara cara untuk terhindar dari virus Covid-19. Selain protokol kesehatan (Prokes), menjaga kesehatan dan menambah imunitas menjadi cara kita untuk melindungi diri.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, menjadi rentan terinfeksi virus Covid-19. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan saat pandemi Covid-19 ?

Berikut ini tips agar tetap sehat di masa pandemi Covid-19 dikutip Tribunpontianak.co.id dari laman http://p2ptm.kemkes.go.id :

Tahapan Pilkada 2024

1. #DiRumahAja

2. Konsumsi Makanan Sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh

3. Kurangi konsumsi alkohol dan minuman bergula

4. Aktivitas Fisik 30 Menit/hari

5. Jika bekerja di rumah. Setiap duduk 30 menit, istirahatlah

6. Stop Merokok. Merokok meningkatkan risiko infeksi dan akan memperparah komplikasi akibat Covid-19

7. Jika Anda stres, bingung dan takut, bicarakan perasaan Anda pada orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu

8. Saling menguatkan diantara keluarga, tetangga dan teman, rasa kasih sayang juga menjadi obat

9. Beribadah, baca buku, dengarkan musik, dan jangan cemas.

10. Dengar dan ikuti anjuran pemerintah yang disiarkan resmi setiap hari.

Protokol Isolasi Mandiri Covid-19

Saat tingkat keterisian rumah sakit penuh, isolasi mandiri Covid-19 menjadi pilihan. Khususnya, bagi penderita Covid-19 gejala ringan dan sedang.

Namun, saat isolasi mandiri harus memperhatukan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut :

1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas  di tempat yang ditentukan

2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat

3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19

4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga.

5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.

6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.

7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit)

8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

(Sumber: Tribun Pontianak)