Tinggal Menunggu Kelengkapan Alat dari Jakarta, Gubernur Riau Berharap Rumah Oksigen Segera Beroperasi

canalberita.com — Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar berharap rumah oksigen yang dibangun kawasan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dapat segera beroperasi dalam waktu dekat ini.

Yang mana, dua rumah oksigen yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ini berkapasitas 200 kasur.

“Harapan kami dalam waktu tidak begitu lama ini, rumah oksigen bisa segera beroperasi. Ini belum beroperasi karena ada fasilitas yang harus didatangkan dulu dari Jakarta yang berkenaan dengan instalasi oksigennya. Karena kelengkapan alat dari Jakarta itulah, sehingga ini masih menunggu alat itu datang,” kata Gubri Syamsuar di kediaman rumah dinasnya, Kamis (5/8/2021).

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, bahwa persiapan rumah oksigen ini termasuk cepat karena dibangun di kawasan komplek Lanud Roesmin Nurjadin yang sudah ada instalasi oksigennya.

“Kenapa rumah oksigen dibuat di sana, karena Komplek Lanud Roesmin Nurjadin sudah ada instalasi oksigennya sehingga tinggal menarik ke tempat lokasi yang telah mereka siapkan dan ini mendukung pembangunan rumah oksigen,” jelasnya.

Setelah beroperasi nanti, kata Gubri, rumah oksigen ini akan berada dibawah pengawasan Dinas Kesehatan (Diskes).

“Nanti dinas kesehatan yang mengatur. Yang jelas rumah oksigen ini untuk pertolongan kepada masyarakat yang mengalami gejala sesak ringan. Misal sudah dibawa ke rumah sakit dan gejalanya ringan, akan dibawa ke rumah oksigen. Sedangkan yang gejala berat akan tetap ditangani di rumah sakit,” jelasnya.

 

(Sumber: Go Riau)