Terkait Covid, Pemprov Kalteng Sediakan Layanan Berbasis Web dan Android

canalberita.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berinovasi untuk mengoptimalkan penanganan sebaran Covid-19 di seluruh kabupaten dan kota, salah satunya dengan menyediakan layanan berbasis web dan android yang bisa diakses masyarakat.

Layanan berbasis web maupun android ini bisa di akses maupun unduh atau ‘download’ oleh masyarakat melalui situs web Isoterc19.kalteng.go.id.

Adanya layanan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat melaporkan diri apabila terpapar ataupun merasa terpapar (kontak erat) Covid-19, sehingga bisa segera mendapat penanganan oleh petugas.

Tahapan Pilkada 2024

“Pelayanan berbasis web dan android ini efektifnya sejak 20 Agustus 2021, yakni aplikasi Iso_Ter C-19 Kalteng. Intinya kami berupaya menyediakan aplikasi atau akses semudah mungkin untuk masyarakat melaporkan dirinya dan ini sudah disosialisasikan ke kabupaten dan kota, termasuk puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, melalui Kasubbag Penyusunan Program, Informasi dan Humas, Isranor, dikutip dari Antara, Senin 23 Agustus 2021.

Dijelaskan, begitu masyarakat menyampaikan laporannya, maka akan segera ditindaklanjuti oleh petugas dari fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan. Adanya layanan yang terintegrasi ini, juga memudahkan Dinas Kesehatan provinsi memantau penanganan di lapangan.

Lebih lanjut Isranor menjelaskan, hingga pagi ini, sudah ada sekitar 14 pasien isolasi mandiri (isoman) yang terdaftar atau melapor dan kemudian ditindaklanjuti oleh petugas.

“Adanya layanan ini memudahkan masyarakat melapor. Jadi ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan masyarakat maupun pemerintah dalam upaya penanganan di lapangan,” kata dia.

Adapun cara menggunakan layanan berbasis web ini, usai membuka situs web yang tersedia, masyarakat diarahkan mengisi data pada kolom yang tersedia dan mengikuti arahan selanjutnya. Dalam layanan ini juga tersedia untuk pendaftaran vaksinasi.

Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan layanan berbasis web maupun android ini agar penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kalteng semakin maksimal.

 

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. 
Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan 
keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.