Tepat Hari Ketujuh, Basarnas Kalsel-Kalteng Temukan Bangkai Kapal Nelayan Asal Jakarta

CANALBERITA.COM – Bangkai kapal nelayan asal Jakarta yang tenggelam di Perairan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun ditemukan tim pencarian pada Senin (23/08/2021) pagi.

Bangkai kapal diduga KM Putri Ayu 3 ditemukan dalam kondisi terbalik pada hari ketujuh atau hari terakhir operasi pencarian oleh Tim Gabungan dari Rescuer KPP Palangkaraya dan Banjarmasin, Ditpolair Polda Kalteng, Satpol Air Kobar, Pos TNI AL Kuala Pembuang, Pos TNI AL Kumai, KSOP Kumai, KSOP Sigintung, BPBD Kobar, Kepala Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang, PMI Pangkalan Bun dan masyarakat.

Kepala Basarnas Kota Palangka Raya, Muhammad Hariyadi pada Senin 23 Agustus 2021 membenarkan bahwa pihaknya menemukan diduga bangkai Kapal KM Putri Ayu 3 disekitar Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

“Iya benar. Tim kita menemukan sebuah kapal diduga KM Putri Ayu 3 dalam kondisi terbalik masih terikat jangkar, dimana hanya tersisa bagian depan kapal yang terapung di permukaan,” ucapnya.

Ia menambahkan, objek dalam keadaan tidak stabil karena tali tambat jangkar kapal sudah ada yang putus akibat gelombang dan arus.

“Kemungkinan akibat gelombang yang besar menyebabkan tali jangkar ada yang putus sehingga kondisi tidak stabil dan membuat kapal terbalik. Melakukan penyelaman pada titik tersebut sangat tidak memungkinkan dikarenakan faktor keselamatan tim penolong (penyelam), karena cuaca yang tidak stabil,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Nelayan KM Putri Ayu 3 yang bertolak dari Muara Baru Jakarta membawa 13 orang tenggelam di Parairan Kumai, Kotawaringin Barat pada Senin 16 Agustus 2021.

Dari data, lima orang dinyatakan selamat, tiga orang meninggal dunia dan lima orang lainnya masih dalam pencarian oleh tim gabungan.

(cnb-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.