Tabung Oksigen Meledak di Tempat Pengisian, Satu Korban Dilarikan ke Rumkit Antonius

canalberita.com — Seorang pria dikabarkan menjadi korban atas insiden meledaknya tabung oksigen di lokasi pengisian PT Baja Sarana, Jln Pangeran Antasari Pontianak, Kamis 12 Agustus 2021. Kejadian nahas tersebut terjadi sekira pukul 11.30 WIB.

Berdasarkan rekaman video amatir yang tersebar di sejumlah Grup Whatsapp memperlihatkan situasi kepanikan warga sekitar yang berusaha menolong korbang yang telah tergeletak di keliling tabung oksigen berukuran lebih dari satu meter.

“Woi panggil ambulanlah cepat,” ujar satu di antara warga dalam

Tahapan Pilkada 2024

Masih saat detik-detik awal dari vidio amatir tersebut, korban terlihat tergeletak di lantai dengan wajah berdarah dan tabung

Korban terlihat mengenakan baju kaos oblong berwarna hijau dan celana pendek tampa mengalami cidera dibagian muka.

Hingga berita ini diturunkan pada pukul 12.32 WIB, belum diketahui identitas lengkap korban.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh www.tribunpontianak.co.id di lapaangan, korban saat ini sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Antonius guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Sebagai bahan informasi para pembaca, PT Baja Sarana meruapakan satu di antara tempat pengisian tabung oksigen medis.

Beberapa waktu lalu, Ruko yang berada di kawasan Jln Antasari tersebut ramai pengantre untuk mendapatkan tabung gas guna keperluan isolasi mandiri bagi pasien non covid maupun covid.

Melalui Kebijakan Gubernur Kalbar Pemprov Kalbar membagikan oksigen gratis untuk masyarakat yang sedang isolasi mandiri. Pemerintah menunjuk dua lokasi pengisian tabung gas oksigen gratis pada masyarakat dengan pengisian maksimal 1 kubik, satu di antaranya di Kantor PT Baja Sarana yang beralamat di Jalan Antasari, Pontianak dengan kuota 200-300.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan oksigen gratis, maka harus mengikuti prosedur.

Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut (dikutip dari Instagram resmi @adpim_provkalbar) :

1. Prosedur Mendapatkan Oksigen Gratis di PT Baja Sarana

– Keluarga pasien datang ke PT Baja Sarana yang beralamat di Jalan Antasari Pontianak, lalu meminta voucher dengan petugas.

– Syarat yang harus dibawa adalah KTP, Hasil Swabs PCR dan Nomor Handphone

– Keluarga menukarkan Voucher tersebut untuk mengisi oksigen di PT Baja Sarana

– Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menginfokan ke Dinas Kesehatan domisili pasien untuk monitoring dan pengecekan proses isolasi mandiri pasien tersebut

2. Prosedur Mendapatkan Oksigen Gratis di Kantor Sy Mahmud Alkadrie

– Keluarga pasien datang ke Kantor Sy Mahmud Alkadrie yang beralamat di Jalan Veteran Pontianak, lalu menyerahkan tabung oksigen dan dicatat oleh petugas. Paling lambat pukul 09:00 WIB setiap pagi.

– Tabung dibawa ke Pabrik PT Megah Utama, Batu Layang

– Keluarga pasien mengambil kembali tabung oksigen di Kantor Sy Mahmud Alkadrie pukul 14:00 WIB.

– Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menginfokan ke Dinas Kesehatan domisili pasien untuk monitoring dan pengecekan proses isolasi mandiri pasien tersebut.

 

(Sumber: Tribun Pontianak)