Satgas Nemangkawi Kuasai Markas KKB di Puncak Papua

canalberita.com — Aparat Gabungan Satgas Nemangkawi menegaskan telah menguasai markas dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, pimpinan Goliat Tabuni di Kampung Welenggaru, Distrik Gome Utara, Kabupaten Puncak.

Kasatgas Humas Ops Nemangkawi, Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, penguasaan itu setelah aparat melakukan penggerebekan. Di sana aparat menembak seorang yang diduga anggota KKB.

“Berhasil menembak 1 KKB hingga lari bersama rekan-rekannya ke dalam hutan,” kata Kamal kepada wartawan, Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Kamal yang juga Kabid Humas Polda Papua itu menyebutkan, markas KKB itu semula terlacak oleh patroli drone di sekitar Kampung Welenggaru, Distrik Gome Utara, Kabupaten Puncak, yang dipimpin tim Satgas dari TNI.

Setidaknya, ditemukan ada sekitar tiga orang yang diduga anggota KKB bersembunyi di markas tersebut. Kamal menyebut, mereka kabur dan masuk ke dalam honai setelah terlacak drone.

“Ketiganya melakukan tembakan ke tim Cakra,” ujar Kamal.

“Para komandan satuan menginstruksikan kepada seluruh amggotanya agar melaksanakan Siaga di Pos Masing-masing untuk menghindari adanya aksi Gangguan keamanan di wilayah Ilaga Kompleks pasca terjadinya kontak tembak,” tutur Kamal.

Setelah terlibat kontak tembak, anggota kelompok separatis bersenjata yang telah dicap oleh pemerintah sebagai teroris itu kabur ke hutan.

Aparat pun dapat menggeledah markas tersebut. Didapatkan sebuah pucuk senjata api. “Berhasil diamankan satu pucuk laras panjang jenis M16,” tutur Kamal.

Ia mengatakan, saat ini pihak TNI-Polri telah melakukan penyelidikan terkait kelompok yang bermarkas di wilayah tersebut. Menurutnya, saat ini tengah dilakukan patroli agar aktivitas masyarakat di Distrik Gome berjalan kondusif dan lancar.

 

(Sumber: Okezone)