Pj Sekda Kalteng Ikuti Rakor Implementasi Inmendagri PPKM

canalberita.com – Pj Sekda Klateng Nuryakin secara virtual hadiri rapat koordinasi (Rakor) Analisa dan Evaluasi (Anev) yang diselanggarakan oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri di Ruang Bajakah, Kantor Gubernur, Jumat (06/08/2021).

Rakor tersebut membahas Implementasi Inmendagri No 27 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, Inmendagri No 28 Tahun 2021 tentang PPKM di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, serta Inmendagri No 29 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Rakor dipimpin oleh Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kemendagri PBK Drs Edy Suharmanto. Dalam pengantarnya, Edy Suharmanto mengatakan, melalui Rakor ini pihaknya menantikan masukan termasuk informasi pelaksanaan, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PPKM serta langkah tindak lanjut untuk mengatasinya.

“Sehingga itu menjadi pembelajaran atau pengetahuan bersama bagi kita yang hadir pada saat ini termasuk bapak/ibu di daerah maupun kami di Kementerian,” ungkapnya.

Terkait banyaknya pasien isolasi mandiri yang meninggal, maka Edy Suharmanto menyampaikan harapan pemerintah dalam hal ini presiden agar pemerintah daerah menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk masyarakatnya. “Beberapa daerah telah memiliki tempat isolasi terpusat. Hal ini akan mempermudah tenaga kesehatan (Nakes) melakukan kontrol terhadap pasien mengingat kondisi jumlah nakes tidak sebanding dengan tugas yang mereka emban,” tegasnya.

Sementara itu Plh Dirjen Adwil Kemendagri Suhajar Diantoro, berpesan bagi petugas yang bekerja di lapangan untuk senantiasa waspada dan hati-hati, karena selain protokol kesehatan (Prokes) ditegakkan bagi masyarakat, yang menegakkan peraturan itu pun harus taat pada prokes itu senditi.

“Nah, ini yang kadang-kadang tanpa kita sadari karena lelah dan sebagainya, terjadi kekhilafan yang akhirnya membuat pelanggaran-pelanggaran menjadi viral dan diprotes oleh masyarakat. Jadi memang berat sekali kawan-kawan di lapangan dan saya sangat memakluminya,” tutur Suhajar.

Pada kesempatan itu, Sekda Kalteng didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hamka, Kepala Satpol PP Baru I Sangkai serta Plt Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng, Erlin Hardi.

(cb-1)