Pencapaian UPR dan Bagaimana Kedepannya ?

Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai kampus tertua di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah banyak capaian yang diraih selama tahun 2021 dalam pengembangan dunia pendidikan.

Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si, menyampaikan, dari sisi anggaran di UPR meningkat sangat signifikan, termasuk anggaran dana SBSN yang didapatkan dua tahun untuk membangun gedung 7 lantai, dan tahun 2021 mendapat anggaran untuk membangun gedung kembar 6 lantai untuk kuliah terpadu.

Perencanaan dan pembangunan infrastruktur yang masif seperti kampus kebun raya, gedung pengembangan iptek dan inovasi gambut, gedung kuliah terpadu dan peat techno park, masih dalam proses pengusulan.

Selain itu, akreditasi prodi di UPR meningkat tajam, dari 54 prodi yang ada, dua program studi akreditasi A, 36 prodi lainnya terakreditasi B, dan re-akreditasi prodi lainnya masih dalam proses pengusulan.

“Mahasiswa baru yang diterima Universitas Palangka Raya pada tahun akademik 2021/2022 sebanyak 4.170 mahasiswa, capaian ini sangat membanggakan karena terjadi peningkatan sebesar 20% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan naiknya kepercayaan masyarakat kepada UPR,” ungkap Andrie Elia, Sabtu 28 Agustus 2021.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini juga menjelaskan, bahwa meningkatnya kualitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) UPR yang tercermin dari meningkatnya peringkat Webometrics UPR berada di peringkat 76 dari 100 universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2021. Sebelumnya UPR berada pada peringkat 119.

Webometrics adalah salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang didasarkan dari indikator webometrik dan bibliometric. Indikator tersebut didasarkan pada web yang digunakan oleh perguruan tinggi. Penilaian tersebut dinilai dari performa universitas secara global, salah satunya dilihat melalui aktivitas, output, relevansi, serta dampaknya yang bisa diukur.

“Untuk capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2020, UPR berada di peringkat tujuh dari PTN di Indonesia yang berstatus Satker. Saat ini UPR sedang giat melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), antara lain melakukan pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri serta bekerja sama dengan dunia usaha dan industri,” tutup Andrie

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.