Orangutan Terjebak di Kebun Sawit

canalberita.com-Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan adanya individu orangutan masuk dalam perkebunan kelapa sawit di Berau, Kalimantan Timur. Kehadiran individu orangutan ini diketahui setelah sebuah video berdurasi 27 detik viral di media sosial, Minggu 1 Agustus 2021 kemarin.

Dalam video nampak individu orangutan itu muncul di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT TBP, Kecamatan Taliyasan, Kabupaten Berau, pada Sabtu, 31 Juli 2021. Dalam video orangutan yang memiliki postur tubuh besar itu berlari mengejar salah satu pekerja, para pekerja pun dibuat kaget dan panik.

Dalam terlihat para pekerja berlarian menghindari kejaran orangutan tersebut, serta menuntun orangutan untuk bisa keluar dari wilayah perkebunan kelapa sawit. Namun, sampai dengan saat ini, belum diketahui apakah orangutan itu telah kembali ke habitatnya atau diamankan warga.

Sementara, pihak dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur pun telah melakukan upaya evakuasi terhadap individu orangutan tersebut dengan mengirimkan Tim WRU SKW I Berau.

Tulis kliksamarinda, Tim WRU SKW I Berau BKSDA Kalimantan Timur bersama Center for Orangutan Protection (COP) telah bergerak menuju ke lokasi untuk melakukan upaya penyelamatan, demikian keterangan pihak BKSDA Kaltim, Minggu siang kemarin.

Sumber: www.infosawit.com