Meningkatkan Ekonomi dan Mobilitas, PT BMB Berinisiatif Bantu Perbaikan Ruas Jalan Menuju Dusun Sumber Raya

CANALBERITA.COM-Industri perkebunan kelapa sawit PT Berkala Maju Bersama (BMB) sadar bertul bahwa keberadaannya di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah tidak hanya didirikan 11 tahun lalu itu  untuk mendapatkan keuntungan bisnis semata bagi para pemegang saham.

Namun lebih dari itu, PT BMB didirikan untuk memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan lainnya yakni, pemerintah terutama pemerintah Kabupaten Gunung Mas sebagai sumber untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), masyarakat sekitar, lingkungan, karyawan dan para mitra tani.

Untuk mencapai tujuan tersebut, PT BMB berkomitmen untuk terus menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bersifat jangka panjang dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi PT BMB sejak didirikan pada tanggal 16 April 2011 oleh putra asli Gunung Mas, Cornelis Nalau Anton dengan luas perkebunan 10.000 hektar.

Dalam visi BMB yaitu menjadi perusahaan terkemuka di bidang industri perkebunan kelapa sawit yang profesional, sehingga dapat menjadi mitra terpercaya dan memberi keuntungan bagi stakeholder.

Sedangkan misinya, yaitu membangun usaha mandiri yang berkomitmen menjadi mitra pemerintah dan masyarakat yang berkualitas dengan menjaga dan melestarikan keseimbangan alam dan lingkungan masyarakat sebagai hubungan yang saling menguntungkan.

Seebagai bentuk kepedulian sosial, saat ini BMB Peduli mempunyai program kemitraan dengan petani, yang mana model bisnis saling menguntungkan dengan skema petani plasma dan petani mandiri yang masing-masing mengelola 3000 ha.

Untuk mempermudah petani dalam menjual buah hasil panen, PT BMB sejak 2018 lalu telah diresmikanya Pabrik Pengolahan Minyak Kepala Sawit (Crude Palm Oil/CPO).

Sebagai bentuk dukungan dan perhatian PT BMB kepada mitra tani dalam meningkatkan taraf hidup dan produktivitas kebun sawitnya, PT BMB memberikan pelatihan, pendampingan di lapangan hingga penyediaan peralatan yang modern.

Sedangkan untuk memperlancar akses transportasi dalam mengangkut hasil produksi mitra tani dari perkebunan kelapa sawit menuju pabrik pengolahan kelapa sawit maupun memperlancar akses transportasi aktivitas masyararakat sehari-hari, BMB Peduli dengan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak. Terutama ruas-ruas jalan akses menuju desa.

Seperti yang dilakukan PT BMB dengan melakukan perbaikan ruas jalan dari Jalan Rungan-Manuhin menuju Dusun Sumber Raya, Desa Fajar Harapan, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas sepanjang kurang lebih 2,5 Km pada 21 Agustus 2021 lalu dengan harapan mobilitas masyarakat lancar dalam mengangkut hasil berbagai produk pertaniannya, sehingga ekonomi masyarakat juga meningkat.

“Akhir-akhir ini curah hujan tinggi, sehingga konstruksi jalan tanah sangat mudah rusak. Akibatnya mobilitas masyarakat terganggu yang pada akhirnya ekonomi juga ikut terganggu. Sehingga PT BMB berinisiatif melakukan perbaikan dengan harapan, mobilitas masyarakat lancar dalam mengangkut hasil berbagai produk pertaniannya, sehingga ekonomi masyarakat juga meningkat,” jelas Senior Manager Legal dan HRGA PT BMB, H Rudy Tresna Yudha SH MKN.

(adv-10)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.