Ketua KPU Kotim: Kami Jadikan 4 Kecamatan Sebagai Sasaran

canalberita.com — Partisipasi pemilih pada pemilu lalu mendapatkan perhatian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Sejumlah daerah yang belum mencapai target nasional diminta melakukan terobosan dengan menggelar agenda sehingga pada 2024 bisa meningkat.

Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi salah satu dari daerah yang ditarget KPU RI, karena capaian partisipasi pemilih masih di kisaran 65 persen.

“Target nasional yaitu 77,5 persen sementara di Kotim partisipasi pemilih 65,22 persen. KPU RI memberikan perhatian pada daerah-daerah yamg masih di bawah target,”kata Siti Fathonah Purnaningsih, Ketua KPU Kotim, Minggu 22 Agustus 2021.

Menurut dia saat ini KPU Kotim mulai melakukan sejumlah agenda sosialisasi dengan titik sasaran yang sudah dipetakan dengan memperhatikan data hasil pemilu lalu.

Selain melakukan sosialisasi, kata Fathonah pihaknya melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan terus mendorong keaktifan masyarakat.

Tidak hanya itu upaya koordinasi lintas instansi pemerintah daerah juga dilakukan seperti dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa.

“Untuk pemutahiran daftar pemilih berkelanjutan ini, pada siswa tingkat SMA/SMK yang telah berusia 17 tahun menjadi sasaran untuk masuk daftar ini,” katanya.

Sementara untuk agenda sosialisasi, pihak akan bergerak melakukan penguatan serius pada 4 kecamatan, yaitu MB Ketapang, Baamang, Kota Besi dan Mentaya Hilir Selatan.

“Kami akan menjadikan 4 kecamatan ini menjadi sasaran, karena berdasarkan data partisipasi pemilih masih di bawah 50 persen.”tandasnya.

 

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. 
Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan 
keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.