Ikuti HAKTEKNAS, Wagub Kalteng: Momentum ini harus dimanfaatkan secara maksimal

canalberita.com — Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-26 yang digelar oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Selasa 10 Agustus 2021.

HAKTEKNAS ke-26 mengusung tema ‘Integrasi Riset untuk Indonesia Inovatif’. Peringatan HAKTEKNAS ke-26 dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan momentum Peringatan HAKTEKNAS, harus digunakan untuk percepatan teknologi.

Kita akan menjadikan momentum ini sebagai produsen teknologi. Momentum ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan teknologi,” ucapnya.

Kepala Negara mengatakan, walaupun sedang fokus menangani masalah Covid-19, utamanya varian delta, namun kita harus tetap melakukan reformasi struktural untuk membangun kemajuan Indonesia kedepan. Salah satu pilar kebijakannya adalah realisasi indistri dalam negeri.

Peringatan HAKTEKNAS ke-26 tahun 2021 ini menjadi momentum spesial bagi insan riset dan inovasi tanah air, karena bertepatan dengan pembentukan BRIN sebagai lembaga pelaksana penelitian, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) iptek yang terintegrasi sebagaimana amanat UU No. 11 Tahun 2019.

Keberadaan BRIN diharapkan dapat meningkatkant critical mass, kapasitas dan kompetensi riset Indonesia untuk menghasilkan invensi dan inovasi sebagai fondasi utama lndonesia Maju 2045.

Menciptakan ekosistem riset sesuai standar global yang terbuka atau inklusif dan kolaboratif bagi semua pihak yakni akademisi, industri, komunitas, pemerintah. Menciptakan fondasi ekonomi berbasis riset yang kuat dan berkesinambungan dengan fokus digital, green, blue economy).

 

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. 
Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan 
keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.