Hari Ini Ibu Hamil Divaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Secara Serentak di Kalteng

CANALBERITA.COM- Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil digelar secara serentak di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Di Palangka Raya vaksinasi berlangsung di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (26/08/2021).

Dalam pelaksanaanya ditinjau langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran yang didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo, Kapolda Irjen Dedy Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen (TNI) Purwo Sudaryanto.

Dalam kesempatan itu Gubernur dan rombongan mengecek kesiapan tenaga  medis gabungan dari Tim Kesehatan Pemprov, TNI dan Polri, serta terkait sistem pelayanan petugas terhadap sasaran yang akan divaksinasi, mulai dari kedatangan, pemeriksaan sampai vaksinasi.

Vaksinasi tahap pertama ini, petugas menargetkan untuk 200 sasaran ibu hamil. Namun, antusiasme ibu hamil yang mengikuti vaksinasi tinggi, sehingga petugas akhirnya memvaksin lebih dari 300 orang ibu hamil.

Untuk tahap pertama vaksinasi secara serentak diseluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah tersebut, pemerintah menargetkan untuk 1.500 sasaran ibu hamil dari target sebanyak  48.291  sasaran ibu hamil di Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabrandi sela-sela meninjau vaksinasi tersebut mengatakan, pemerintah melakukan vaksinasi untuk ibu hamil, dimana ibu hamil juga merupakan salah satu kelompok rentan yang akan memiliki risiko lebih berat apabila terinfeksi Covid-19. Ssehingga perlu menjadi prioritas penerima vaksin.

“Efek lain dari ibu hamil yang terkena virus corona adalah terjadinya peningkatan angka kematian bayi, terutama karena problem prematuritas akibat harus dilahirkan lebih cepat. Upaya ini yang dilakukan secara bertahap untuk masyarakat,” jelas Gubernur.

Gubernur Sugianto berujar, sesuai arahan Presiden RI, pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu, Pemerintah telah mendeklarasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Pencanangan kali ini terasa spesial, karena berlangsung pada bulan Agustus yang merupakan momen perayaan HUT RI ke-76.

“Pada hari ini, Provinsi Kalimantan Tengah juga melaksanakan Pencanangan secara serentak di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang diikuti melalui Video Conference, dengan target sasaran ibu hamil yang akan divaksinasi Covid-19 sebanyak 1.398 orang dari 48.291 jumlah sasaran ibu hamil se-Kalimantan Tengah,” sebut Gubernur.

Sugianto berharap dengan adanya Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dapat mengedukasi para Ibu Hamil akan pentingnya Vaksinasi, dengan tujuan untuk menurunkan angka kesakitan bayi dan ibu hamil akibat Covid-19 di Kalteng. “Upaya ini terus dilakukan untuk dapat membantu masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Sugianto bersama Ketua PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Yulistra Sugianto Sabran bersama pengurus Darma Wanita Forkopimda, menyambangi dan berdialog dengan sejumlah ibu hamil untuk mengedukasi dan memberikan semangat, sekaligus tali asih berupa sembako serta vitamin dan makanan minuman bergizi.

(cnb-1)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.