Halikinnor Bakal Mutasi Besar-besaran Pejabat Kotim, ASN Harap-harap Cemas

CANALBERITA.COM–Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, dipastikan akan segera menata ulang susunan pejabat yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sebagai upaya pembenahan dan pemantapan organisasi dalam meningkatkan penyelenggaraan urusan pemerintahan sesuai kebutuhan organisasi.

Kabar akan ada penataan pejabat birokrasi ini telah disampaikan terbuka oleh Halikinnor. Hal ini menyusul masa pelarangan bagi bupati yang baru dilantik untuk melakukan mutasi dan promosi pejabat akan segara akhir.

Untuk diketahui, bupati terpilih baru dapat melakukan pelantikan pejabat setelah menjalani masa jabatan 6 bulan dilantik. Pelantikan Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati pada 26 Februari 2021, tepat 26 Agustus 2021 adalah jeda akhir dari larangan itu.

Mendekati saat dirinya akan mengambil keputusan, Halikinnor meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja seperti biasa dan tetap menunjukan loyalitas dan kinerja baik.

Menurut mantan Sekda Kotim ini, penataan birokrasi merupakan keharusan yang perlu dilakukan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan sebagaimana harapan masyarakat.

“Saya minta semua ASN tidak perlu cemas, tetap kerja saja dengan baik.” katanya.

Menurut Halikinnor, mutasi dan promosi adalah kebutuhan suatu organisasi dan juga demi  karir ASN mengingat saat ini banyak jabatan yang kosong dan hal tersebut perlu kepastian agar bisa maksimal.

Sementara itu, respons ASN terhadap kabar akan ada pelantikan disikapi beragam, namun semua mulai diliputi perasaan harap-harap cemas. Sikap pasrah pun mulai ditunjukkan apalagi mereka yang kini sedang mendapatkan kepercayaan sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Selama ini kita loyal, bekerja maskimal sesuai arahan pimpinan, bekerja dengan baik. Apakah akan didefinitifkan atau ditarik semua tergantung bupati.”ucap salah satu Plt Camat yang enggan ditulis namanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim, Alang Arianto, Jumat 20 Agustus 2021 mengakui bila bupati telah memberikan sinyal akan ada pelantikan hanya saja belum ditentukan kapan waktunya.

“Kita tunggu perintah dari beliau (bupati, Red), saat ini memang beliau sudah bisa melakukan pelantikan, akhir Agustus ini atau awal September, tapi semua itu beliau menentukan,”katanya.

Terkait formasi susunan pejabat mendatang,  Alang tidak ingin gegabah termasuk posisi dirinya nanti, apakah akan bertahan atau akan dimutasi.

“Nanti tunggu saja, yang pasti prinsip saya jabatan amanah pimpinan. Kita jaga kepercayaan dengan rasa syukur saja,”katanya.

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. 
Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan 
keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.