Gak Perlu Panik! Harga CPO Ambrol Cuma Sementara

canalberita.com — Harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) akhirnya terkoreksi pekan ini setelah aksi ambil untung para pelaku pasar memberatkan laju harga minyak sawit.

Harga kontrak CPO di Bursa Malaysia Derivatif Exchange kontrak pengiriman 3 bulan ke depan berhasil ambrol 2,17% ke level RM 4.274/ton pada perdagangan pekan ini.

Dalam sepekan harga CPO terpaksa longsor karena aksi profit taking para investor mengingat harga minyak nabati sudah terbang tinggi sebulan terakhir. Secara fundamental masih belum ada sentimen negatif yang akan memberatkan laju harga CPO.

Bahkan ke depanya harga minyak nabati diprediksikan akan kembali naik karena turunnya produksi. Penurunan produksi disebabkan oleh situasi pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) yang mengganas. Per 4 Agustus 2021, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan total jumlah pasien positif di Negeri Harimau Malaya adalah 1.163.291 orang. Bertambah 17.105 orang dari hari sebelumnya.

Dalam seminggu terakhir, rata-rata pasien positif bertambah 17.031 orang per hari. Naik dibandingkan rerata sepekan tujuh hari sebelumnya yakni 14.882 orang setiap harinya.

Perkembangan ini membuat pemerintah Malaysia masih membatasi aktivitas dan mobilitas masyarakat agar virus corona tidak semakin ‘menggila’. Sedikit banyak kebijakan ini berpengaruh ke produksi CPO, karena jumlah pekerja yang berkurang.

 

(Sumber: CNBC)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.