Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

canalberita.com — Minyak atau sebum sebetulnya memiliki manfaat dalam menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Namun, jika diproduksi secara berlebih, minyak di wajah justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat.

Kulit wajah berminyak sering dirasa mengganggu, karena menimbulkan berbagai keluhan. Tidak hanya membuat wajah terlihat mengilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Salah satu cara merawat kulit berminyak tampak bersih dan bebas jerawat yaitu mencuci muka dengan benar.

Tak hanya itu, sebetulnya masih banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti dilansir dari akun Instagram @tips_merawatkulit pada Jum’at, 27 Agustus 2021, berikut ini adalah tipsnya:

1. Pilih produk perawatan yang cocok
Kulit wajah yang berminyak dapat menghilangkan kelebihan minyak di wajah tanpa membuatnya jadi kering. Bisa juga memilih sabun pencuci wajah yang berbahan dasar gel yang pasa dipakai utnuk wajah berminyak.

2. Gunakan pelembab
Banyak yang mengira karena wajah sudah berminyak, maka pelembab tidak lagi dibutuhkan. Hal ini salah, apapun jenis kulit kita, pelembab tidak boleh dilewatkan. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air dan memiliki label oil-free yang akan menghidrasi wajah tanpa membuatnya tambah berminyak.

3. Rutin gunakan masker
Penggunaan masker juga wajib dilakukan jika menginginkan kulit wajah tetap terawat. Bisa menggunakan sheet mask yang kini banyak dijual di pasaran. Jika lebih suka masker dengan bahan alami, bisa juga membuat masker dari bahan-bahan seperti madu, lemon, kentang atau yoghurt.

4. Minum air putih
Cara merawat kulit wajah berminyak yang selanjutnya adalah minum air putih. Air putih dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah air putih yang masuk dalam tubuh dapat mengontrol kadar minyak. Oleh karena itu, pastikan minum minimal 8 gelas air putih per hari agar produksi minyak lebih terkendali.

5. Hindari makanan berminyak
Salah satu penyebab wajah berminyak adalah makanan yang biasa dikonsumsi. Oleh karena itu, baiknya mengurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan dan junk food.

6. Minimalisir penggunaan makeup
Penggunaan makeup juga menjadi salah satu hal yang harus dikurangi oleh kita, yang memiliki wajah berminyak. Untuk sehari-hari, cukup gunakan tabir surya pelembap dan bedak dapur. Jika ingin menggunakan full makeup, pastikan menggunakan primer agar makeup lebih tahan lama dan pastikan juga produk yang memiliki label oil-free.

7. Konsusmi buah dan sayur
Buah dan sayur sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya akan membantu mengontrol kadar minyak, tapi juga bisa membuat wajah jadi lebih sehat dan bercahaya.

 

(Red-2)