BPBD dan Dinkes Diminta Sigap Hadapi Dampak Banjir

canalberita.com — Anggota DPRD Kabupaten Katingan Muhammad Efendi meminta Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) mempersiapkan diri menghadapi banjir sususalan di wilayah Katingan Hilir.

Dia meminta BPBD bisa memonitor kondisi air, pasalnya hampir semua kecamatan di wilayah kecamatan bagian utara sudah terendam banjir. Meski mulai surut, air kiriman ini nantinya akan menumpuk di Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kamipang.

Sehingga menurutnya BPBD bisa mengantisipasi dampak banjir, dari pengumpulkan data hingga mendirikan pos-pos penanggulangan banjir di setiap wilayah yang dilanda banjir.

Tahapan Pilkada 2024

“Bila kondisi air sudah memasuki pemukiman warga, penyakit juga mudah menyerang untuk itu dinas kesehatan juga harus mengantisipasi hal ini. Saya minta untuk pos pelayanan kesehatan bisa dimaksimalkan, kalo ada kendala secepatnya berkoordinasi,” ujar legislator asal partai Demokrat tersebut.

Menurutnya sejumlah penyakit yang sering menyerang warga ketika banjir dan pasca banjir berdasarkan pengalaman yaitu diaere, demam berdarah dangue (DBD) dan penyakit kulit.

“Kita berdoa semoga musibah ini cepat berlalu, pemerintah daerah juga tengah mengupayakan bantuan bisa secepatnya terdistribusi, saya minta warga untuk tetap bersabar dan hati-hati terutama aliran listrik untuk bisa-bisa betul diperhatikan,” pintanya.

 

Disclaimer:Artikel ini merupakan kerja sama Canal Berita dengan Berita Sampit. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Berita Sampit.