Berpisah dengan Barcelona, Lionel Messi Menuju Man City atau PSG?

canalberita.com – Lionel Messi telah resmi berpisah dengan Bercelona setelah beberapa minggu menjadi pemain berstatus bebas transfer usai kontraknya habis 30 Juni silam, Jumat (6/8/2021). Kini, Barcelona mengumumkan bahwa mereka tak memperpanjang sang ikon. Lalu menuju mana Messi selanjutnya?

Pilihannya akan terbatas. Pasalnya, sejumlah klub pasti kesulitan untuk memenuhi tuntutan gaji Messi yang tinggi. Namun, media Spanyol, Marca, mengklaim Paris Saint-Germain dan Manchester City, menjadi pilihan realistis.

Laporan itu juga menulis bahwa Messi bisa saja pindah ke Amerika Serikat untuk berlaga di Major League Soccer. Hanya saja, pemain asal Argentina itu masih menginginkan sepakbola dengan level tertinggi, yang artinya, Messi masih akan bermain di Eropa.

Man City adalah klub yang paling berpotensi mendatangkan Messi. Namun, juara Liga Inggris musim lalu itu baru saja mengeluarkan banyak uang untuk Jack Grealish. Man City kabarnya juga masih tertarik pada Harry Kane, yang tentunya akan menghabiskan banyak dana untuk memboyong striker tersebut dari Tottenham Hotspur.

Hanya saja, dengan keluarnya Messi dari Camp Nou mengubah segalanya. Apalagi Pep Guardiola sangat senang bisa bekerja sama dengan eks anak didiknya tersebut. Apalagi, perburuan Kane masih buram.

Bagaimana dengan PSG? Raksasa Liga Prancis tersebut tujuan bagi Messi ketika hubungannya dengan Barcelona era eks presiden Josep Maria Bartomeu memburuk. Namun, PSG menarik diri karena klausul pelepasan Messi mencapai Rp12 triliun.

Sekarang situasinya berbeda. PSG sedang fokus memperbarui kontrak Kylian Mbappe. Klub juga mengalami masalah keuangan. L’Equipe mengungkapkan bahwa PSG akan melaporkan defisit lebih dari 200 juta euro, setelah mengalami defisit 120 juta euro pada musim lalu. Sekarang, mereka harus menjual pemain.

Masalah lain di Prancis adalah pajak. Gaji 30 juta euro untuk Messi berarti klub harus mengeluarkan 70 juta euro per tahun untuknya.

MLS bisa jadi pilihan, bahkan jika dia memperpanjang kontrak dengan Barca. Hanya saja Messi akan bermain di sana setelah dua tahun lagi di Barcelona.

Sekarang, dia bebas untuk pergi ke mana pun dia mau, tetapi dia kemungkinan besar akan tetap tinggal di Eropa selama dua atau tiga tahun lagi sebelum melintasi Samudra Atlantik untuk mengakhiri kariernya.

 Lionel Messi pindah ke Barcelona sejak belia. Setelah masuk tim utama, Messi telah memainkan 778 laga, mencetak 672 gol, 305 assist dan mempersembahkan 35 trofi.

(sumber: okezone.com)