Wali Kota Medan Pastikan Eks Hotel Soechi akan Resmi untuk Isolasi Pasien Covid-19

canalberita.com — Sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan bangunan Eks Hotel Soechi di Jalan Cirebon, Medan, Jumat (30/7/2021). Wali Kota Medan Bobby Nasution memastikan Eks Hotel Soechi akan resmi dibuka untuk lokasi isolasi pasien Covid-19 pada Minggu (1/8) mendatang.

Hal ini disampaikan Bobby pascarapat dengan Forkopimda dan pihak Rumah Sakit Royal Prima Medan di Balai Kota. Bobby mengatakan, pasien yang nantinya akan diisolasi di Eks Hotel Soechi adalah pasien dengan gejala ringan dan tanpa gejala (OTG).

Sementara untuk pasien yang bergejala berat, kata dia, Pemko Medan menyiapkan penambahan kamar di RS Pirngadi sebanyak 200 bed, dan ruang ICU ditambah 22 bed. Dia menuturkan, untuk warga yang diisolasi di Eks Hotel Soechi adalah yang warga yang berada di lingkungan dengan status zona merah Covid-19.

Sementara itu, kata Bobby, lingkungan dengan status zona orange, di mana 3 sampai 5 rumah dalam satu lingkungan yang bertahan dalam satu bulan di status zona orange juga wajib diisolasi dipusatkan di lokasi isolasi terpadu Pemko Medan ini.

Ia juga menjelaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan melayani di Eks Hotel Soechi adalah tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Royal Prima. Terpisah, Direktur RS Royal Prima Cabang Medan Marelan, dr Reynaldi mengatakan jumlah SDM tenaga kesehatan yang dipersiapkan untuk lokasi isolasi di Eks Hotel Soechi sesuai dengan jumlah keterisian ruang rawat inap nantinya.

Ia mengatakan mulai besok pihaknya sudah melakukan simulasi terkait operasional perawatan yang dilakukan di Eks Hotel Soechi. Reynaldi mengaku jumlah kamar yang disediakan di Eks Hotel Soechi kurang lebih sekitar 200 bed. Tenaga medis yang ada, nanti dialokasikan ke IGD dan ke kamar rawat inap.

(Sumber: Tribun Medan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.