Rutan Palangka Diterpa Covid-19 Gelombang II, Enam Penghuni Positif

canalberita.com – Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5 terjadi gelombang kedua penyebaran Covid-19. Setidaknya ada enam orang penghuni terkonfirmasi positif sejak bulan Juli 2021 ini.

Kabar terkait penyebaran virus dari corona di Rutan ini di benarkan sendiri oleh Kepala Rutan, Suwarto. “Iya benar mas ada enam orang positif Covid-19 setelah dilakukan Swab,” ucap Suwarno kepada awak media ini melalui whatsapp, Selasa (27/07/2021).

Ia menjelaskan, awalnya pada hari Jumat 23 Juli 2021 satu orang narapidana menyampaikan kepada petugas bahwa dirinya tidak bisa merasakan atau mencium bau apapun.

“Nah dari situlan kita melakukan tes Swab, dan ternyata hasilnya reaktif positif. Memastikan keakuratan hasil, kita kembali merujuk narapidana ini ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya melakukan PCR dan hasilnya positif. Mengetahui hasilnya positif, tahanan tersebut pun dilakukan isolasi mandiri dari tahanan lainnya,” tutur Kepala Rutan Palangka Raya ini.

Kemudian lanjutnya, pada tanggal 26 Juli 2021 pada saat pengiriman tahanan ke Lapas Kasongan disana dilakukan kembali pemeriksaan Swab dan tiga orang dinyatakan positif. Sehingga tahanan yang satu ruangan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan total semuanya ada orang narapidana yang dinyatakan positif.

“Yang positif ada enam orang, mereka kita lakukan isolasi mandiri di Blok A. Namun untuk memastikan lagi, lima orang kita lakukan PCR apakah hasilnya sama atau negatif,” sebutnya.

(cnb-1)