Pencarian Penumpang Terjatuh dari Kapal Terkendala Arus Kuat

canalberita.com — im SAR gabungan melakukan pencarian 1 orang yang terjatuh dari kapal di sekitar perairan Selat Bali, Jumat (30/7/2021) pagi.

Awalnya informasi kejadian tersebut diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) dari BPTD (Balai Pengelolaan Transportasi Darat) Gilimanuk. Target merupakan penumpang dari Darma Fery I dengan rute Ketapang menuju Gilimanuk.

“Laporan kami terima kemarin malam, 29 Juli 2021 kurang lebih pukul 19.45 WITA dari Bapak Alfian,” sebut Gede Darmada, S.E., M.A.P selaku Kepala Kantor Basarnas Bali.
Diketahui identitas target atas nama Rama Pratama Putra (17), asal Indrajaya, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pihak dari Kapal Darma Feri I mengonfirmasi kemungkinan target terbawa arus ke selatan, meskipun telah berupaya mencari akan tetapi hasilnya nihil.
Mereka tidak bisa meneruskan pencarian karena arus yang kuat. Selanjutnya hal tersebut dilaporkan ke LPS Gilimanuk sekitar pukul 17.56 WITA.
“Basarnas Bali mengerahkan tim rescue dari Pos SAR Jembrana dan Pos SAR Buleleng dengan menggerakkan 1 unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yang memang standby di Gilimanuk, selain itu dibantu juga dari Pos SAR Banyuwangi” jelasnya.
Sejak kemarin malam telah dilakukan koordinasi bersama pihak Polair dan TNI AL, dimana rencananya pergerakan SRU laut hari pertama operasi SAR mencakup luas area pencarian kira-kira 26 NM2.
Selain Alut dari Basarnas Bali, unsur SAR lainnya juga mengerahkan 1 unit RIB dari Pos SAR Banyuwangi, 1 unit rubber boat dari TNI AL Gilimanuk, serta 1 unit speed boat milik Pol Air Gilimanuk.
(Sumber: Beritabali.com)