Fadli Zon dan Benny Harman Sepakat DPR Jadi RS Darurat Covid

canalberita.com — Politikus Gerindra Fadli Zon dari politikus Demokrat Benny Kabur Harman setuju dengan usulan ruangan kosong di Kompleks Gedung MPR/DPR dipinjamkan sementara sebagai ruang perawatan pasien Covid-19.

Dua anggota DPR itu mengatakan keselamatan rakyat harus diutamakan saat ini. “Sy setuju, sejumlah ruang kosong n lapang di DPR bisa digunakan utk darurat menyelamatkan nyawa rakyat,” kata Fadli lewat akun Twitter miliknya, @fadlizon, Jumat (9/7).

Sementara itu, Benny mengusulkan, bukan hanya gedung MPR/DPR, bila diperlukan, halaman kompleks parlemen juga dipakai untuk jadi RS darurat.

“Kalo memang rumah sakit sudah penuh sehingga banyak pasien Covid terlantar dan harus tunggu antri berjam-jam, sebaiknya halaman dan gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat.

Untuk keselamatan rakyat, keselamatan dan kesembuhan pasien Covid. Ada pendapat lain?” kata Benny lewat Twitter miliknya, @BennyHarmanID.

Sebelumnya, Politikus senior Partai Golkar, MS Hidayat mengusulkan agar sebagian ruangan-ruangan yang kosong yang ada di Gedung MPR/DPR/DPD dipinjamkan sementara sebagai ruang perawatan pasien Covid-19.

“Saya usul agar ruangan yang kosong di DPR dapat dipertimbangkan untuk merawat pasien Covid-19,” kata Hidayat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/7).

Hidayat menyatakan usulan itu karena melihat berbagai fasilitas kesehatan untuk merawat pasien Covid di Indonesia belakangan ini sudah melebihi kapasitas.

Ia mengaku tak tega melihat banyaknya pasien yang tergeletak di lantai-lantai rumah sakit usai ruangan perawatan sudah penuh.

“Saya 10 tahun anggota DPR. Itu gedung apalagi setelah Covid ini [banyak tak terpakai]. Mubazir. Setengahnya kosong,” ujarnya.

Perawatan di rumah sakit untuk pasien Covid-19 jadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir. Sejumlah rumah sakit kewalahan menghadapi lonjakan jumlah pasien Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut tingkat keterisian rumah sakit di Jawa dan Bali sangat tinggi.

Ia menyebut rata-rata keterisian rumah sakit di dua pulau ini di atas 80 persen. Lonjakan kasus covid-19 terus terjadi dalam beberapa hari terkahir. Kemarin rekor tambahan kasus positif terjadi saat ada 38.391 kasus baru.

Saat ini kasus aktif berjumlah 359.455 orang. Warga yang butuh perawatan saat ini sulit mendapatkan rumah sakit, terutama di wilayah Jabodetabek. Di beberapa kota besar di Jawa juga mengalami hal serupa.

(Sumber: cnn.com)