Cuaca Panas Masih Selimuti Aceh, Dua Hingga Tiga Hari Kedepan

canalberita.com — Selama dua hingga tiga hari kedepan, provinsi Aceh masih berpotensi terjadi cuaca panas, khususnya untuk daerah Aceh Timur, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Sabang, Aceh Besar.

Namun juga ada wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi hujan ringan tapi tidak merata, seperti Sabang, Aceh Besar, Subulussalam, Barat Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Bener Meriah, Aceh Tenggara.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandara SIM, Zakaria Ahmad, Kamis (29/7/2021). “Aceh sudah memasuki musim kemarau dan bahkan puncak musim kemarau,” sebutnya.

Tahapan Pilkada 2024

Ia mengatakan, beberapa hari lalu, sudah dideklarasikan terkait Angin Geurute, karena pada bulan Agustus untuk Aceh Jaya, Aceh Barat Daya dan sekitarnya itu ada sedikit hujan. Namun pengaruhnya itu di Aceh Besar, Pidie dan Banda Aceh mengalami kekeringan hingga angin kencang dengan kecepatan 20-40 km/jam.

“Ini disebut angin fohn, tapi karena terjadi di Aceh yang diakibatkan oleh gunung Geurute maka kita namakan angin Geurute,” ujarnya.

Ia menjelaskan, angin Geurute terjadi setiap tahun namun baru ditemukan setelah dianalisis dan melihat fenomena yang terjadi. Di satu sisi gunung geurute hujan, tapi di sisi lain kering. Hal itu karena angin yang bertiup dari Samudera Hindia menabrak gunung, massa uap air yang dibawa angin itu berkumpul di sekitar geurute kemudian hujan jatuh di tempat tersebut. Sementara di wilayah sebelahnya terjadi udara kering dan angin kencang.

Dalam hal ini, masyarakat di wilayah Aceh Besar, Pidie perlu mewaspadai terhadap kekeringan, kebakaran hutan, lahan, dan pemukiman. “Kalau bisa menghindari menanam tanaman yang membutuhkan air banyak seperti palawija. Disamping itu waspada juga angin kencang yang dapat mengakibatkan pohon tumbang,” pungkasnya.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandara SIM, Zakaria Ahmad, mengimbau untuk para nelayan perlu waspada terhadap gelombang tinggi, termasuk juga di Perairan Barat Selatan Pulau Simeulue yang tinggi gelombangnya bisa mencapai 4-6 meter.

Sementara itu perlu juga diwaspadai untuk wilayah Aceh Jaya terhadap banjir, longsor dan angin kencang. Sedangkan untuk Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Bireuen waspada terhadap titik panas, walaupun ada hujan namun intensitasnya ringan dan kemudahan tingkat kebakarannya lebih tinggi di wilayah-wilayah tersebut.

(Sumber: Serambi News)