Atlet Panahan Indonesia Lolos ke Babak 32 Besar Olimpiade Tokyo 2020

canalberita.com – Pemanah putri andalan Indonesia, Diananda Choirunisa, baru saja menyelesaikan sesi perseorangan putri cabang olahraga panahan Olimpiade Tpkto 2020 yang digelar di Yumenoshima Park, Jumat (23/7/2021) pagi WIB. Hasilnya, Diananda Choirunisa harus puas menempati urutan ke-40 dengan perolehan 631 poin.

Pada babak ini, 64 pemanah saling bersaing untuk mendapatkan posisi tertinggi. Mereka secara bersamaan melemparkan 72 busur anak panah yang kemudian angka-angkanya akan diakumulasikan.
Penampilan Diananda Choirunisa sendiri terbilng inkonsisten. Diananda memang cukup sering berhasil membukukan poin 9 dan 10. Akan tetapi, tidak jarang ia mengoleksi poin di bawah 8.

Bahkan di pertengahan, Diananda Choirunisa sedikit meleset dengan mengoleksi tiga poin saja. Pada bidikan terakhir pun, Diananda gagal maksimal dengan mendapatkan lima poin.
Alhasil, Diananda harus puas menempati urutan ke-40 dengan koleksi 631 poin. Selanjutnya, Diananda Choirunisa akan tampil di babak 32 besar Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa 27 Juli 2021. Di babak tersebut, ia akan bertemu wakil Denmark, Maja Jager.

“Alhamdulillah, walaupun ada satu-dua kesalahan. Saya sempat melakukan kesalahan koreksi dan ada anak panah yang sobek juga. Semoga di babak berikutnya saya bisa semakin masuk dalam penampilan terbaik saya,” kata Diananda setelah pertandingan, dalam keterangan pers yang diterim Okezone, Jumat (23/7/2021).

Selain itu, hasil ini juga akan menjadi penentu untuk tim yang bisa berlaga di nomor beregu campuran. Sebab, hanya ada 16 tim yang bisa lolos ke nomor tersebut.

Karena itu, Indonesia berharap pada ranking round nomor putra, yang mana ada tiga pemanah Indonesia yang turun pada pukul 11.00 WIB, yakni Riau Ega Agatha, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi.

Sementara itu, hasil keseluruhan di nomor putri, atlet asal Korea Selatan, An San tampil sebagai terbaik dengan menduduki urutan pertama. Ia mengoleksi angka tertinggi dengan 680 poin.
Angka tersebut sekaligus memecahkan rekor poin Olimpiade yang dipegang Lina Herasymenko asal Ukraina. Herasymenko sebelumnya mengoleksi 673 poin yang dibuat pada Olimpiade Atalanta 1996.

(sumber: okezone.com)