Angka Kematian Karena Covid-19 Di Palangka Raya Tiap Hari Meningkat, Gubernur Perpanjang PPKM

canalberita.com– Kota Palangka Raya masuk pada level 3 kasus penyebaran Covdi-19. Sehingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya sepakat akan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran usai memimpin rapat bersama Forkopimda di Aula Arya Dharma Polda Kalteng, Kamis (29/07/2021) siang.

Sugianto mengatakan, pemerintah mengambil langkah ini lantaran penyebaran Covdi-19 di Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Palangka Raya terus mengalami peningkatan dan jumlah angka kematian setiap harinya juga naik.

“Ini adalah salah satu upaya kita untuk mencegah penyebaran Covid-19, yaitu dengan memperpanjang PPKM 14 hari kedepan setelah tanggal 2 Agustus berakhir. Kita melihat sebaran Covid-19 di Kota Palangka Raya sangat rawan, dan kita juga akan memperketat di tingkat kelurahan nantinya membatasi pergerakan masyarakat,” ucap orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai.

Didampingi Wagub, Kapolda, Danrem dan Walikota Palangka Raya, Gubernur menjelaskan, pemerintah Provinsi bersama pemerintah Kabupaten/Kota dibantu Forkompinda sudah siap mengantisipasi apabila sampai mencapai level 4 nantinya.

“Namun kita optimis bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 ini asalnya masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh adat, apabila benar-benar masuk level 4 maka mau tidak mau sementara waktu pelaksanaan ibadah dilakukan di rumah (rumah ibadah ditutup),” ungkap Sugianto kepada sejumlah media di lokasi.

Ditempat yang sama, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya sangat berterimakasih atas dukung dari Pemerintan Provinsi dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 sehingga mereka juga akan memfokusnya warga yang melaksanakan isolasi mandiri ditempat terpusat agar memudahkan pemantauan.

“Kita optimis bisa menekan angka sebaran Covid-19 ini. Terkait perpanjangan sudah berjalan sesuai disampaikan pak Gubernur tadi,” tuturnya.

(cnb-1)