5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Tubuh

canalberita.com — Selain risiko Covid-19, pandemi membuat sebagian orang mengadopsi gaya hidup yang tidak sehat. Berikut lima kebiasaan sehari-hari yang menurut para ahli dapat merusak tubuh, dikutip dari laman Eat This, Rabu (14/7).

  1. Duduk sepanjang hari
    Menurut para ahli, banyak orang kurang bergerak selama pandemi dan biasa duduk sepanjang hari, entah menonton tayangan atau karena disibukkan pekerjaan. Bahkan, hanya 20 persen warga Amerika Serikat yang berolahraga untuk kesehatan optimal.  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) serta American Heart Association              merekomendasikan frekuensi olahraga sebanyak 150 menit aktivitas intensitas sedang              setiap pekan. Sebaiknya ditambah dengan dua sesi aktivitas penguatan otot.

 

  1. Mengisolasi diri
    Tidak dimungkiri bahwa pandemi memaksa semua orang lebih terisolasi secara sosial. Meski menjaga jarak secara fisik, upayakan agar tidak terisolasi secara mental supaya menghindarkan rasa kesepian yang buruk untuk tubuh. Caranya, tetap terhubung dengan orang lain meski secara virtual.Kesepian dapat memicu respons stres yang menyebabkan peradangan pada tubuh dan pada akhirnya berdampak negatif pada jantung, sistem kekebalan, dan otak. Menurut studi, orang yang kesepian lebih berisiko mengidap kanker, penyakit kardiovaskular, dan demensia.
  2. Stres
    Stres menyebabkan otak memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang merusak respons kekebalan tubuh. Menurut American Cancer Society, orang yang mengalami stres kronis lebih rentan terhadap flu biasa dan infeksi virus sejenisnya.American Heart Association juga menyoroti bahwa stres memicu penyakit jantung. Hal itu lantaran stres memperburuk tekanan darah tinggi dan mendorong perilaku tidak sehat seperti makan berlebihan atau minum alkohol yang dapat merusak jantung.
  3. Minum alkohol
    Artikel baru di The Atlantic mencatat, orang Amerika minum lebih banyak alkohol selama pandemi. Padahal, minum alkohol berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan lebih dari 10 jenis kanker.Alkohol punya deretan dampak buruk yang menjadi alasan kuat untuk menghindarinya. Minuman ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan penambahan berat badan, dan dehidrasi kulit.
  4.  

    Kurang tidur
    Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius, mulai dari kanker, penyakit jantung, hingga demensia. Mulai sekarang, biasakan tidur tujuh sampai sembilan jam per malam.

    Ketika seseorang tidur, sistem tubuh utama memperbaiki diri. Jika tidak mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas, jantung, otak, dan sistem kekebalan tidak akan mendapatkan pemulihan yang memadai.

 

 

(Sumber: Republika)