Pasang Foto Profil Orang Lain, Wanita Asal Gumas Dibina Polda Kalteng

–Ada-ada saja ulah perempuan yang satu ini. Sejatinya manfaat media sosial untuk membangun reputasi, memudahkan komunikasi, mendapatkan informasi secara aktual dan membagikan berbagai konten kreatif dan positif, malah justru dimanfatkan untuk hal yang negatif.

Perempuan itu sebut saja namanya Bunga berusia 20 tahun, asal Desa Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng). Bunga dipanggil oleh Tim Virtual Police, Bidang Humas Polda Kalteng untuk dibina karena tidak bijak menggunakan media sosial.

Pembinaan oleh aparat kepolisian tersebut setelah pihak kepolsian mendapat laporan dari korban seorang mahasiswi di Palangka Raya, karena foto profil akun facebook Bunga menggunakan foto wajahnya mahasiswa tersebut.

“Korban tidak terima karena ada akun facebook palsu menggunakan foto profil dirinya dan digunakan untuk menjalin kasih dengan seorang cowok di facebook serta meminta sejumlah uang kepada cowok tersebut,” ungkap Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo melalui Kabidhumas, Kombes Pol K Eko Saputro, Rabu (30/06/2021) pagi.

Lebih lanjut diungkapkan, setelah mendapat laporan dari korban Tim Virtual Police melakukan profiling atau pencarian terhadap akun palsu tersebut dan akhirnya menemukan Bunga sebagai pembuat dan yang mengendalikannya.

“Karena pelaku ada di wilayah hukum Polres Gunung Mas, kami selanjutnya berkoordinasi dengan Polres dan Polsek setempat agar perkara ini bisa diselesaikan dengan jalan mediasi,” jelasnya.

“Korban dan pelaku bisa dimediasi. Pelaku mengakui kesalahanya dan meminta maaf kepada korban. Selanjutnya Tim Virtual Police melakukan pembinaan kepada pelaku melalui daring agar pelaku tidak mengulangi lagi perbuatannya dan harus bijak bermedia sosial,” timpalnya.

(CNB-1)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.