Musrenbang RKPD Dorong Program Prioritas

Gunung Mas, CanalBerita –Peningkatan fasilitas kesehatan dan modifikasi kebijakan terus diupayakan pemerintah. Mulai dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga konsep new normal dengan disiplin protokol kesehatan telah dilakukan.

Namun demikian, selama Tahun 2020 bergelut dengan pandemi, Indonesia masih tertatih-tatih untuk menstabilkan sektor-sektor terdampak Covid-19.

Demikian dikatakan Bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Jaya Samaya Monong saat membuka Musrenbang RKPD di GPU Damang Batu, Kamis (12/02/2021) pagi.

Lebih lanjut Jaya mengatakan, dampak sosial dan ekonomi yang melanda Indonesia akibat pandemi ini memaksa semua level pemerintahan, baik pusat maupun daerah untuk melakukan koreksi terhadap rencana pembangunan yang telah ditetapkan.

“Terutama yang telah dituangkan dalam dokumen perencanaan dan anggaran mengingat pada saat menyusun sama sekali tidak memperhitungkan pandemi,” jelas Jaya.

Disisi lain,  pembangunan berketahanan pandemi adalah pembangunan yang diarahkan untuk mampu mengantisipasi, memitigasi, merespon, menangani, dan melewati tantangan pembangunan selama pandemi.

Menurut Jaya, proses ideal perencanaan pembangunan yang berketahanan pandemi dapat diawali dengan pengambilan kebijakan pada forum-forum seperti Mursrenbang tingkat Kecamatan ini.

“Diharapkan kesepakatan yang kita dapat akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan Tahun 2022 nanti,” harapnya.

Dirinya menambahkan, tantangan utama  berlarut-larutnya penanganan pandemi Covid-19 karena semua belum berpengalaman.

” kita semua belum berpengalaman dalam menghadapi pandemi seperti Covid-19 ini.  Sehingga melahirkan sikap dan kebijakan yang tidak konsisten dan berubah-ubah serta penyesuaian yang cepat tepat demi kelangsungan hidup masyarakat,” tambahnya.

(nto)